Di awal 2024, Rusia kembali serang Ukraina dengan rudal jelajah, termasuk rudal Kinzhal ke Kyiv

Tu-95MSVia X

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pada dini hari tanggal 2 Januari 2024, Rusia kembali menggempur Ukraina dengan menggunakan sebagian besar rudal jelajah Kh-101 dan rudal hipersonik Kh-42M Kinzhal.

Ibu kota Kyiv menjadi sasaran utama serangan pada awal tahun 2024 ini.

Serangan menyasar infrastruktur penting, industri, sipil, dan militer, dengan fokus utama ditujukan ke ibu kota Ukraina.

Operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung untuk memastikan jumlah korban dan cedera yang disebabkan oleh serangan dahsyat ini.

Video kerusakan gedung-gedung yang diakibatkan serangan rudal tersebut telah diunggah di akun X pada 2 Januari 2024.

Sebanyak 16 pembom strategis Tu-95MS Rusia meluncurkan rudal jelajah Kh-101 ke wilayah Ukraina, kata Angkatan Udara Ukraina.

Sementara pada pukul 07:30, dilaporkan peluncuran sepuluh rudal hipersonik X-47M2 Kinzhal dari pesawat tempur MiG-31K Rusia.

Angkatan Udara Ukraina melaporkan keberhasilan menetralisir seluruh rudal hipersonik’ Rusia tersebut.

Selain itu, sistem pertahanan udara Ukraina berhasil menghancurkan 59 rudal jelajah jenis Kh-101/Kh-555/Kh-55, serta tiga rudal jelajah Kalibr.

Serangan besar-besaran ini menyusul serangan rudal skala besar serupa pada 29 Desember 2023, di mana Kyiv, Kharkiv, Dnipro, Odesa, Lviv, Zaporizhzhia, dan kota-kota lain menjadi sasaran serangan.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *