Rusia siap mendukung program ‘Make in India’ untuk memproduksi sistem persenjataan di Negeri Taj Mahal

Su-30MKIReddit
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Hubungan Rusia dan India sudah berlangsung beberapa dekade. Hubungan dalam bidang industri militer dan pertahanan telah terjalin antara kedua negara di mana sejumlah produk-produk militer Rusia dibuat secara lisensi di Negeri Taj Mahal.

Hubungan kedua negara tersebut terus dijalin hingga saat ini, di tengah banyaknya tawaran sistem persenjataan yang ditawarkan pihak Barat kepada India.

Boeing_contoh2

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov belum lama ini menyatakan bahwa negaranya siap untuk meluncurkan produksi barang-barang pertahanan sebagai bagian dari program ‘Make in India’.

Hal itu dikatakan Lavrov pada konferensi pers setelah pertemuaannya dengan Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar.

“Kami memahami dan siap mendukung inisiatif mereka (New Delhi) untuk memproduksi barang-barang keperluan militer sebagai bagian dari program Make in India. Kami siap bekerja sama dalam masalah ini,” kata Lavrov, dikutip TASS (27/12).

Kedua diplomat tinggi dari kedua negara membahas prospek kerja sama militer-teknis, termasuk produksi senjata modern bersama.

Lavrov menyebut bahwa ada kemajuan nyata di dalam kerangka kerja sama kedua negara ini.

“Interaksi kita di sini bersifat strategis, dan perluasannya memenuhi kepentingan nasional negara kita serta kepentingan menjaga keamanan di benua Eurasia,” tambah Lavrov.

Tidak disebutkan secara rinci kerja sama produksi peralatan militer apa yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan oleh Rusia dalam mendukung program ‘Make in India’.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *