Rusia mengirimkan sistem pertahanan udara baru Pantsir-SM ke palagan Ukraina, dibekali rudal hipersonik berjangkauan 40 km

Pantsir-SMSaid Aminov

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Industri pertahanan Rusia kembali mengirimkan senjata baru varian upgrade yang diperoleh dari pengalaman perang di Ukraina. Kali ini sistem pertahanan udara berbgerak.

Belum lama ini, RIA Novosti memberitakan bahwa sistem pertahanan udara versi ditingkatkan Pantsir-SM telah berpartisipasi dalam palagan di Ukraina.

Disebutkan, Pantsir-SM versi yang ditingkatkan ini menunjukkan efektivitas yang lebih tinggi dibandingkan versi pendahulunya.

Peningkatan ini menawarkan jangkauan deteksi, pelacakan, dan keterlibatan yang jauh lebih luas.

Pantsir-SM dilaporkan mampu mencegat mini drone, proyektil artileri berpemandu, dan target balistik berkecepatan tinggi.

Pantsir-SM merupakan sistem pertahanan udara bergerak yang dipasang di truk yang dipersenjatai dengan rudal permukaan ke udara dan sepasang kanon otomatis 30 mm laras ganda.

Versi upgrade telah dibekali dengan rudal hipersonik berpemandu baru berjangkauan intersepsi hingga 40 km, jangkauan ini dua kali lipat dibandingkan model Pantsir-S sebelumnya, yang hanya 20 km.

Pantsir-SM yang dimodernisasi juga menggabungkan sistem pengendalian tembakan canggih dengan radar array bertahap untuk deteksi dan pelacakan disamping kompleks optik-elektronik.

Berkemampuan untuk mendeteksi dan menetralisir target yang ditingkatkan dari ketinggian 15 menjadi 18 km dan mendeteksi target sejauh 75 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *