Marinir Brasil menerima JLTV 4X4 gelombang kedua dari AS, satu dari 9 negara pengguna kendaraan taktis buatan Oshkosh

Korps Marinir Brasil menerima JLTVAgĂȘncia Marinha
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Korps Marinir Angkatan Laut Brasil (CFN) mengumumkan penerimaan empat Kendaraan Taktis Ringan Gabungan (JLTV) baru pada 16 November 2023 lalu.

Kendaraan diangkut menggunakan kapal dan tiba di Rio de Janeiro. Setelah itu dipindahkan ke Pusat Logistik Marinir di Parada de Lucas untuk pengujian dan evaluasi operasional, mengutip Army Recognition (21/11).

Boeing_contoh2

Kendaraan lapis baja ini, dimaksudkan untuk digunakan dalam operasi penegakan hukum, misi penjaga perdamaian, bantuan kemanusiaan, dan dukungan pertahanan sipil.

Sebelumnya, pada 5 Oktober 2020, Korps Marinir Brasil menandatangani kontrak untuk pengadaan selusin (12) JLTV dari Oshkosh Amerika Serikat.

Korps Marinir Brasil telah menerima empat JLTV pertama pada 2 Maret 2023. Empat JLTV lainnya diharapkan akan diterima akhir tahun 2024.

Mengenai JLTV adalah program militer Amerika Serikat (khususnya Angkatan Darat AS, Korps Marinir AS) dan Komando Operasi Khusus Amerika Serikat untuk menggantikan sebagian armada Humvee dengan rangkaian kendaraan yang lebih mampu bertahan dan memiliki muatan lebih besar.

Oshkosh L-ATV (Light Combat Tactical All-Terrain Vehicle) adalah kendaraan yang memenangkan program JLTV tersebut .

JLTV dapat diangkut melalui udara digantung di bawah helikopter CH-47 dan CH-53, atau dimasukkan kedalam perut pesawat C-130, C-17 dan A400M.

Di luar Amerika Serikat, pengguna JLTV adalah Montenegro, Slovenia, Lituania, Brasil, Makedonia Utara, Rumania, dan dua calon pengguna baru yakni Belgia dan Polandia.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *