Namer 1500, kendaraan lapis baja pengangkut personel terkuat di dunia dari basis tank Merkava

IDF Namer 1500 APCIsraeli MoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Selain memiliki Tank Tempur Utama (MBT) keluarga Merkava, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) juga memiliki Kendaraan Pengangkut Pasukan (APC) kelas berat Eitan 8X8 dan Namer 1500.

Khusus mengenai Namer 1500, merupakan model baru versi upgrade dari Namer APC generasi awal. Kendaraan ini diperkenalkan oleh Kementerian Pertahanan Israel pada Juni 2023.

Namer 1500 dibuat dari sasis tank tempur utama Merkava Mk.4 yang turretnya telah dilucuti, menjadikannya salah satu APC paling terlindungi di dunia, menurut IDF.

Sesuai kodenya, fitur utama dari Namer 1500 adalah mesinnya yang bertenaga 1.500 ps. Jauh lebih kuat dari versi sebelumnya.

Kemajuan ini merupakan hasil upaya ekstensif dari Direktorat Tank & APC di Kementerian Pertahanan Israel.

Selain itu, Namer 1500 juga menawarkan teknologi layar sentuh tercanggih, sebuah peningkatan teknologi besar yang bertujuan untuk meningkatkan interface operator.

Fitur ini dirancang untuk memastikan pengendalian kendaraan lebih efisien dan efektif, terutama dalam kondisi menantang.

Fitur unggulan lainnya termasuk dilengkapi dengan Trophy APS (Active Protection System) yang dikembangkan oleh Rafael Advanced Defense Systems dan Elta Group dari Israel Aircraft Industries.

Sistem ini memberikan perlindungan tingkat tinggi terhadap ancaman seperti peluru kendali antitank (ATGM) dan granat berpeluncur roket (RPG), sehingga meningkatkan secara signifikan kemampuan pertahanan kendaraan.

Untuk persenjatannya, Namer 1500 dilengkapi dengan stasiun senjata dikendalikan jarak jauh (RCWS) dengan senapan mesin berat 12,7 mm.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *