Penampakan sistem SPH baru 155 mm China, dapat membawa munisi lebih banyak

PLZ-05BIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Belum lama ini, beredar foto penampakan sistem SPH (Self-Propelled Howitzer) baru militer China, tampak tengah diangkut menggunakan truk melewati jalan raya.

Sistem yang oleh para pengamat disebut sebagai PLZ-05B merupakan peningkatan atau varian upgrade dari versi sebelumnya PLZ-05.

Boeing_contoh2

Sebutan PLZ-05B mungkin bersifat sementara, dan mungkin akan mengadopsi nama yang berbeda di masa depan, tulis Army Recognition (8/11).

PLZ-05B menampilkan perubahan besar pada turret dan sasis, dengan kemungkinan perombakan pada berbagai subsistemnya juga.

Untuk persenjatannya, PLZ-05B masih mempertahankan howitzer bawaan PLZ-05 dengan kaliber 155 mm. Namun, aspek yang paling mencolok dari PLZ-05B adalah turretnya yang didesain ulang.

Desain turret yang diperbesar telah menimbulkan spekulasi bahwa PLZ-05B mungkin menampilkan versi turret tak berawak, mirip dengan milik Rusia 2S35 Koalitsiya-SV yang bergerak sendiri.

Meskipun meningkatkan kemampuan bertahan hidup kru, hal ini menghasilkan bentuk kubah senjata yang lebih besar.

Turret tak berawak ini mengintegrasikan sistem pemuatan otomatis dan penyimpanan amunisi di dalam kubah, memastikan isolasi awak dan meningkatkan keselamatan.

Kehadiran peredam kejut terbalik di atas meriam 155 mm juga terlihat pada PZL-05B, lalu di atas turret tampak penerima peringatan laser yang meningkatkan kesadaran dan perlindungan situasionalnya.

Juga tersedia kamera tampak belakang yang membantu kemampuan manuver dan keselamatan kendaraan selama pengoperasian.

Lambung belakang PLZ-05B memperlihatkan dua pintu yang dioperasikan secara manual. Kemungkinan berfungsi sebagai pintu akses kru, sementara pintu lainnya mungkin dimaksudkan untuk memuat ulang amunisi.

Perubahan penting lainnya adalah sasis yang digunakan PLZ-05B berbeda secara signifikan dari pendahulunya PZL-05.

Pada PLZ-05B dilengkapi sasis dengan tujuh roda lincir dibandingkan enam milik PLZ-05. Dengan penambahan ini berarti bobot yang lebih besar, sehingga berpotensi memerlukan mesin berdaya lebih besar pula.

Perbaikan signifikan lainnya adalah jumlah munisi bawaan. Pada PLZ-05B diperkirakan mampu membawa hampir 60 peluru atau dua kali lipat dari PZL-05 standar.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *