Pesawat Il-96-400M Rusia berhasil melaksanakan penerbangan perdananya

Il-96-400MVia Tadviser

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia berhasil melaksanakan penerbangan perdana pesawat jet komersial berbadan lebar Il-96-400M yang diproduksi oleh Voronezh Aircraft Manufacturing Company, anak perusahaan United Aircraft Corporation (UAC), bagian dari Rostec.

Di tengah sanksi yang diberlakukan Barat, Rusia terus mengembangkan model Il-96-400M (versi modernisasi) dengan peralatan elektronik dan mesin yang diproduksi di dalam negeri.

Situs resmi pemerintah Rusia pada 1 November menulis, selama penerbangan perdananya, UAC memeriksa stabilitas dan pengendalian berbagai sistem pesawat.

Penerbangan perdana mencapai ketinggian 2.000 meter dengan kecepatan hingga 390 km per jam, berlangsung selama 26 menit.

Badan Transportasi Udara Federal Rusia (Rosaviatsia) telah memverifikasi bahwa sebagian besar sistem dan peralatan diproduksi oleh Rostec State Corporation.

Pilot uji yang mengemudikan penerbangan pesawat tersebut adalah Sergei Sukhar.Ia menjabat sebagai Kepala Pilot Biro Desain Ilyushin dan Pilot Uji Kehormatan Federasi Rusia.

‚ÄúPenerbangan pertama dan sukses dari Il-96-400M yang dimodernisasi menunjukkan tingkat kompetensi tertinggi dari produsen pesawat dalam negeri. Pesawat ini tidak hanya mempertahankan kinerja tinggi Il-96-300 tetapi juga menerima kemampuan operasional dan transportasi baru,” ujar Wakil Perdana Menteri Federasi Rusia Denis Manturov, dikutip TASS.

Proyek Il-96 di Rusia dimulai pada tahun 1980-an. Model pertama pesawat ini, yaitu Il-96-300 memasuki layanan komersial pada tahun 1993.

Pesawat Il-96-300 hingga saat ini masih digunakan sebagai pesawat resmi Presiden Rusia Vladimir Putin.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *