Pernah punya 142 unit, Angkatan Darat Inggris kini pensiunkan helikopter Gazelle

Gazelle helicopterWikipedia
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Darat Inggris merupakan operator helikopter Aérospatiale/Westland Gazelle terbesar dengan pernah mengoperasikan 142 unit.

Pada akhir bulan ini, seluruh helikopter tersisa yang dioperasikan oleh Korps Udara Angkatan Darat Inggris tersebut dipensiunkan. Program ini dilaksanakan lebih cepat dari rencana awal pada tahun 2024.

Boeing_contoh2

Helikopter ringan Gazelle Angkatan Darat Inggris dengan kode SA 341B AH.1 pertama kali diproduksi oleh perusahaan kedirgantaraan Prancis Sud Aviation dan diteruskan oleh Aérospatiale. Heli ini pertama kali berdinas di Angkatan Darat Inggris pada tanggal 6 Juli 1974.

Resimen Korps Udara Angkatan Darat ke-3 (AAC) adalah unit pertama di Angkatan Darat Inggris yang mengopersikan helikopter Gazelle.

Helikopter ini telah berperan di banyak penugasan di seluruh dunia, termasuk di Jerman, Hong Kong, Kepulauan Falkland, Irlandia Utara, Irak, Kosovo, Kenya, dan Belize.

Usai dipensiunkan oleh Angkatan Darat Inggris, sisa helikopter Gazelle akan dioperasikan oleh perusahaan swasta Vector Aerospace di Fleetlands, Hampshire County, kata pemerintah Inggris.

Peran Gazelle di Angkatan Darat Inggris selanjutnya akan digantikan oleh helikopter H135 buatan Airbus Helicopters.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *