Jelang musim dingin, Belanda akan mengirimkan lebih banyak rudal pertahanan udara Patriot ke Ukraina

PatriotMoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Belanda akan mengirimkan lebih banyak rudal sistem pertahanan udara Patriot ke Ukraina. Hal ini untuk membantu negara itu mempertahankan diri dari serangan udara Rusia selama musim dingin, kata Perdana Menteri Mark Rutte, dikutip Reuters pada Jumat.

“Musim dingin ini, Rusia akan berusaha menyakiti Ukraina sebanyak mungkin. Jadi Belanda akan memasok rudal Patriot tambahan, sehingga Ukraina dapat mempertahankan diri dari serangan udara biadab Rusia,” ujar Rutte usai pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy di Odessa, Ukraina.

Airbus_contoh2

Rutte menambahkan, Belanda juga akan membantu Ukraina memperoleh kapal patroli untuk membantu menjaga jalur pengiriman ekspor biji-bijian tetap aman.

Selain Belanda, sebelumnya Jerman juga menyatakan akan mengirimkan 64 tambahan rudal Patriot ke Ukraina.

Hal itu dikatakan Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius pada hari kedua pertemuan NATO di Brussels saat itu.

“Ini adalah tanda yang sangat penting untuk mendukung upaya sukses Angkatan Bersenjata Ukraina secara berkelanjutan guna memastikan pertahanan udara, terutama sekarang, dalam fase perang ini,” ujar Pistorius.

Dalam pertemuan puncak Komunitas Politik Eropa di Moldova awal Juni, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyerukan pembentukan “Koalisi Patriot”.

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, mendukung inisiatif yang disampaikan Presiden Ukraina tersebut.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *