Airbus tuntaskan uji pengisian bahan bakar otomatis A330 MRTT terhadap F-15SG: RSAF yang pertama berkemampuan ini di dunia

A330 MRTT RSAF melaksanakan pengisian bahan bakar secara otomatis ke F-15SGAirbus
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Airbus dan Angkatan Udara Republik Singapura (Republic of Singapore Air Force/RSAF) telah menuntaskan rangkaian uji pengisian bahan bakar di udara secara otomatis (A3R) pesawat A330 Multi Role Tanker Transport (MRTT) terhadap pesawat tempur F-15SG.

Dengan tuntasnya pengujian tersebut, sertifikasi untuk hal ini akan dilaksanakan pada semester pertama tahun 2024.

Boeing_contoh2

Selama tiga minggu di bulan Agustus, A330 MRTT dan F-15SG, keduanya milik RSAF, telah melakukan lebih dari 500 kontak basah (wet contact) dan kering (dry contact) secara otomatis.

Tidak hanya F-15SG, seluruh pesawat penerima milik RSAF juga dilibatkan dalam pengujian tersebut.

“A330 MRTT telah berhasil merealisasikan pengisian bahan bakar di udara sebagai hasil dari kerja sama antara Airbus dan Angkatan Udara Singapura,” kata Jean-Brice Dumont, Head of Military Air Systems Airbus Defence and Space.

Ditambahkan, pencapaian baru ini akan menjadikan RSAF sebagai angkatan udara pertama di dunia yang memiliki kemampuan pengisian bahan bakar otomatis menggunakan sistem boom untuk semua pesawat penerima di armadanya.

Ini adalah kemampuan yang dapat dikembangkan lagi hingga ke pesawat penerima dari armada negara lain, lanjut Dumont.

Uji terbang dengan F-15SG dilakukan di Singapura, mencakup seluruh operasional pengisian bahan bakar di udara dalam berbagai kondisi cuaca di bawah pengawasan otoritas sertifikasi Spanyol dan INTA (Institut Nasional untuk Teknologi Kedirgantaraan).

Boeing

Pengisian bahan bakar otomatis di udara pada malam hari dilaksanakan oleh F-15SG, F-16, dan A330 MRTT

Pada Juli 2022, A330 MRTT menjadi pesawat tanker pertama di dunia yang disertifikasi untuk operasi pengisian bahan bakar di udara secara otomatis pada siang hari dengan F-16 dan A330 MRTT sebagai pesawat penerima.

Sistem pengisian bahan bakar otomatis mengurangi beban kerja operator terkait, meningkatkan keselamatan dan mengoptimalkan kecepatan transfer bahan bakar, dan pada akhirnya memaksimalkan supremasi udara armada yang menggunakannya.

A330 MRTT telah teruji di medan tempur sejak tahun 2014.

Pesawat ini juga telah disertifikasi untuk pengisian bahan bakar di udara dengan sistem boom serta hose-and-drogue untuk pesawat F-15, F-16, F-35, A330 MRTT, AWACS, Eurofighter Typhoon, dan masih banyak lagi, tulis perusahaan.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *