Tentara Israel gunakan kendaraan komando dan kontrol Ofek berbasis tank Merkava dalam penyerbuan ke Jalur Gaza

OfekIDF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah mengerahkan konvoi Tank Tempur Utama (MBT) Merkava Mark IV ke Jalur Gaza untuk melaksanakan pertempuran darat melawan militan Hamas.

Di antara kumpulan tank tempur Merkava tersebut, terlihat satu kendaraan lapis baja tanpa kanon yang dikenal sebagai Ofek.

Kendaraan ini memainkan peran penting dalam IDF, berfungsi sebagai kendaraan komando dan kontrol di lapangan. Kendaraan ini memberikan kontribusi signifikan terhadap koordinasi dan pengarahan operasi militer.

Diketahui, pengembangan Ofek dimulai pada 2015. Ofek dibangun berdasarkan tank Merkava Mark ll dan Merkava Mark lll yang sudah ketinggalan zaman dan sudah tidak aktif lagi.

Pada bulan Agustus 2018, IDF mengungkapkan gambar dan informasi yang menyoroti kemampuan komando dan kontrol tingkat lanjut dari Ofek.

Kendaraan tersebut memelihara komunikasi secara terus menerus dengan elemen peleton, pengamat depan, tim pendukung tembakan, dan markas besar.

Sistem komunikasi ini menggarisbawahi peran penting Ofek dalam memfasilitasi komando dan kontrol yang efektif dalam lingkungan taktis.

Selain itu, signifikansi Ofek juga mencakup fungsinya sebagai saluran komunikasi penting dan relai dalam formasi lapis baja IDF.

Kemampuannya memungkinkan uplink satelit dan relai jaringan lokal yang aman dan terlindungi secara fisik, memberikan unit Israel keuntungan dalam berbagai skenario pertempuran.

Keuntungan ini terutama terlihat di lingkungan yang menantang, termasuk daerah perkotaan yang padat penduduk dan medan yang kompleks seperti perbukitan dan pegunungan, dimana komunikasi garis pandang konvensional sering kali gagal.

Ofek juga dilengkapi dengan peralatan pengacau yang dirancang untuk melawan sinyal radio yang digunakan untuk meledakkan bom pinggir jalan, sehingga meningkatkan kemampuan bertahannya dalam lingkungan peperangan asimetris.

Dengan kapasitas awak dua orang dan kemampuan menampung sekitar 10 penumpang, Ofek adalah pengangkut personel lapis baja yang serbaguna dan mumpuni.

Sebagai persenjataan bela diri dan bertempur, pada atap Ofek dipasangi sebuah senapan mesin kaliber 7,62 mm.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *