Ceko terima heli serang AH-1Z Viper dan UH-1Y Venom gelombang kedua dari AS

AH-1Z CekoCzech MoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Ceko telah menerima helikopter serang AH-1Z Viper dan helikopter serbaguna UH-1Y Venom gelombang kedua dari AS pada 2 Oktober 2023.

Sebelumnya, pada gelombang pertama Angkatan Udara Ceko telah menerima dua unit AH-1Z pada 26 Juli 2023.

Kementerian Pertahanan Ceko menyatakan, dua helikopter pertama dikirim ke Pangkalan Helikopter ke-22 Ceko.

Dengan pengiriman gelombang kedua ini, Pangkalan Helikopter ke-22 akan menerima kedatangan tambahan Viper dan Venom dalam beberapa minggu ke depan.

Selama periode dua minggu, helikopter akan melakukan uji terbang dan menyelesaikan proses sertifikasi.

Tim Pelatihan Bergerak dari AS sendiri telah tiba pada bulan Agustus, dan pelatihan untuk personel Pangkalan Helikopter ke-22 dimulai pada tanggal 1 September 2023.

Republik Ceko sebelumnya telah menyetujui pada tahun 2019 untuk membeli dua belas (masing-masing enam AH-1Z dan UH-1Y) dari Bell Helicopters tersebut.

Selain itu, sebagai bentuk apresiasi atas pemberian bantuan kepada Ukraina, Republik Ceko akan menerima hibah delapan helikopter upgrade dari AS.

Hal ini akan menjadikan jumlah total helikopter AH-1Z Viper dan UH-1Y Venom Angkatan Bersenjata Ceko masing-masing menjadi sepuluh.

Kedatangan helikopter canggih ini menandai babak baru bagi Angkatan Udara Ceko, meningkatkan kemampuan dan kesiapannya menghadapi peperangan modern.

Transisi dari peralatan Timur (Rusia) ke teknologi modern Barat mewakili kemajuan signifikan bagi kekuatan pertahanan negara tersebut. –

RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *