Angkatan Udara Kroasia menerima jet tempur Rafale F3R pertama dari 12 yang dibeli bekas dari Prancis

Rafale pertama Kroasia_1Via Croatian MoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kroasia telah menerima jet tempur Rafale F3R pertamanya dari 12 unit yang dibeli bekas dari Angkatan Udara dan Antariksa Prancis. Upacara serah terima pesawat dilaksanakan di Pangkalan Angkatan Udara Prancis di Mont-de-Marsan pada 2 Oktober,

Upacara tersebut dihadiri oleh Menteri Pertahanan Kroasia Mario Banožić dan Perdana Menteri Zvonimir Frka-Petešić.

Boeing_contoh2

Setelah penyerahan pesawat pertama ini, Kroasia akan lima unit lainnya pada awal kuartal kedua tahun 2024, seperti dilaporkan Kementerian Pertahanan Kroasia.

Komandan Angkatan Udara Kroasia, Brigadir Jenderal Michael Križanec, menyatakan pesawat generasi keempat+ ini akan mendukung kekuatan Angkatan Udara Kroasia dengan mitra NATO lainnya.

Rafale dilengkapi dengan sistem navigasi serangan canggih, radar elektronik generasi baru dengan integrasi sensor dan sistem perlindungan diri yang tinggi. Pesawat memiliki kemampuan untuk menggunakan berbagai macam senjata udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan.

Selain pesawat generasi 4+, Kroasia memiliki simulator penerbangan yang menyediakan rangkaian pelatihan lengkap beserta validasi taktik.

Hal ini menandai tonggak penting dalam komitmen yang ditunjukkan oleh Pemerintah Republik Kroasia untuk memodernisasi Angkatan Bersenjatanya dalam memastikan Kroasia dapat melindungi Wilayah Udaranya sendiri.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *