Polandia kucurkan 10 miliar USD untuk membeli 486 peluncur rudal M142 HIMARS

Peluncur HIMARSPoland MoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Polandia pada 11 September telah menyetujui perjanjian kerangka kerja untuk pembelian 486 komponen peluncur rudal M142 HIMARS tambahan guna diintegrasikan ke dalam sistem HOMAR-A buatan lokal.

Batch pertama komponen peluncur ini akan dikirimkan mulai tahun 2025 sesuai jadwal yang telah disetujui.

Airbus_contoh2

“Tujuan kami adalah memulai pengiriman pada akhir tahun 2025, dengan tahun 2026 diidentifikasi sebagai tahun penting bagi pertahanan. Tujuannya adalah untuk menyelaraskan peluncur ini dengan sistem Polandia yang ada,” ujar Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Błaszczak.

Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) adalah sistem artileri serbaguna dan canggih yang dirancang oleh Lockheed Martin Amerika Serikat.

Teknologi ini telah menarik perhatian internasional karena kemampuannya, salah satunya sukses digunakan pasukan Ukraina dalam pertempuran melawan Rusia.

Sistem ini digunakan oleh banyak negara termasuk Australia, Kanada, Estonia, Finlandia, Yordania, Latvia, Lituania, Polandia, Rumania, Singapura, Ukraina, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat.

HIMARS dlengkapi dengan enam roket seri MLRS (Multiple Launch Rocket System) atau satu rudal taktis ATACMS (Army Tactical Missile System).

Fleksibilitas ini memungkinkannya untuk beradaptasi dengan berbagai kebutuhan misi, menjadikannya aset yang sangat serbaguna di medan perang.

HIMARS dilengkapi dengan sistem kontrol penembakan yang canggih, memungkinkan penargetan yang tepat.

Jarak tembaknya bervariasi tergantung pada jenis amunisi yang digunakan. Dengan roket ER-MLRS mampu mencapai sasaran hingga jarak 45 km.

Ketika dilengkapi dengan roket berpemandu jarak jauh baru GMLRS, jangkauannya dapat mencapai 70 km.

Untuk misi yang membutuhkan serangan jarak jauh, HIMARS dapat dilengkapi dengan rudal taktis, sehingga memperluas jangkauannya hingga 300 km.

Sebagai bagian dari sistem HOMAR-A, Lockheed Martin akan berkolaborasi dengan industri lokal Polandia untuk memasukkan elemen penting dari peluncur roket HIMARS ke dalam sasis truk Jelcz 8X8.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *