Kemhan RI umumkan kontrak pengadaan kapal selam penyelamat SRV-F Mk.3 untuk TNI AL

SRV-F MK3_ kapal selam penyelamat_ Airspace ReviewSMP

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Republik Indonesia mengumumkan telah melakukan penandatanganan kontrak pengadaan Submarine Rescue Vehicle System (SRVS) yakni kapal selam yang berfungsi untuk mengevakuasi awak kapal selam yang tenggelam.

Penandatanganan kontrak dilaksanakan pada 1 September 2023 antara Kementerian Pertahanan RI dengan PT BTI Indo Tekno. Tidak disebutkan berapa nilai kontrak pengadaan ini.

Kesepakatan penting ini mencakup penyediaan kapal selam penyelamat berteknologi canggih SRV-F Mk.3 dari Inggris beserta kapal mothership yang dirancang untuk mendukung misi penyelamatan kapal selam darurat.

Kementerian Pertahanan dalam rilisnya menyatakan, kapal selam merupakan alutsista strategis yang punya peran penting bagi Angkatan Laut di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

TNI Angkatan Laut, dengan Komando Operasi Kapal Selam (Koopkasel) sebagai operator armada kapal selam di Indonesia akan segera dilengkapi dengan alutsista pendukung operasional kapal selam berupa SRVS.

SRV-F Mk.3 merupakan kapal selam penyelamat modern buatan SMP Inggris, yang mengusung konsep “One Out, All Out.”

Dengan konsep tersebut, SRV-F Mk.3 dirancang mampu menyelamatkan seluruh kru kapal selam dalam satu kali perjalanan saja. Hal ini dimungkinkan karena kapasitas SRV-F Mk.3 mencangkup 50 orang penumpang dan 3 kru untuk mengoperasikannya. Kapal selam penyelamat ini disinyalir yang terbaik di kelasnya.

SRV-F Mk.3 juga mempunyai desain hibrid yang memungkinkannya untuk dibawa dengan menggunakan mothership, maupun dengan pesawat terbang, atau transportasi darat. Hal ini memberikan keunggulan besar dari sistem lainnya.

SRV-F Mk.3 akan dibawa dengan sebuah kapal mothership, yang juga dilengkapi dengan berbagai perlengkapan canggih, seperti dedicated decompression chamber.

Kapal mothership yang akan dioperasikan oleh Koopkasel ini mampu mendukung operasi penyelamatan kapal selam, serta kemampuan untuk memberikan pertolongan pertama dengan dukungan medis terhadap kru kapal selam yang berhasil diselamatkan.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *