MSPO 2023: Polandia luncurkan Kendaraan Mobilitas Tinggi Kafar Aero 4X4

Kafar AERO 4X4Istimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Konsorsium yang terdiri dari empat perusahaan Polandia yakni Auto Podlasie, Auto Special Modlniczka, Hibneryt, dan Kafar BartÅ‚omiej Sztukiert, meluncurkan Kendaraan Mobilitas Tinggi (HMV) Kafar Aero 4X4 di Pameran Industri Pertahanan Internasional MSPO 2023 di Polandia.

Kafar Aero 4X4 dirancang untuk digunakan Pasukan Khusus yang dapat dijatuhkan dari udara (air-droppable vehicle).

Kendaraan serbaguna ini dapat digunakan untuk berbagai aplikasi militer, mulai dari angkut peralatan dan perbekalan melalui airdrop hingga sistem penarik artileri.

Kafar Aero 4X4 dibangun menggunakan platform Toyota Land Cruiser, disokong dengan mesin diesel kapasitas 4.200 cc yang menghasilkan tenaga 131 hp.

Di jalan datar, kendaraan dapat mencapai kecepatan tertinggi 100 km/jam. Dilengkapi dengan ban run flat, yang memungkinkannya terus melaju meskipun ban bocor tertembus peluru.

Memiliki dimensi panjang 3,6 m, lebar 2,1 m, tinggi 2,3 m, dan berbobot 1,8 ton.

Untuk airdrop yang aman dibutuhkan dua parasut dan luas pendaratan minimal 700 meter persegi.

Selain itu, Kafar Aero 4X4 dapat dipindahkan lewat udara, digantung dengan helikopter atau dimasukkan perut pesawat angkut C-130J atau C-295M.

Brigade Lintas Udara ke-6, unit bergerak udara dengan kesiapan tinggi dari Angkatan Darat Polandia, adalah salah satu pengguna utama Kafar Aero 4X4.

Kendaraan ini meningkatkan kemampuan brigade dengan berfungsi sebagai platform serbaguna untuk mengangkut peralatan, dan perbekalan.

Juga dapat menarik sistem artileri yang berbobot lebih dari 1.000 kg serta tugas evakuasi korban di medan tempur.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *