Army-2023: Rostec umumkan pengembangan senjata gelombang mikro baru untuk pembersih ranjau 15M107 Listva

15M107 ListvaMoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Di Forum Army-2023, Ruselectronics, bagian dari Rostec State Corporation, mengumumkan pengembangan senjata gelombang mikro baru untuk Kendaraan Pembersih Ranjau Kendali Jarak Jauh (RMCV) 15M107 Listva.

Pengembangan RMCV generasi baru ini sebagai tanggapan atas tantangan yang ditimbulkan oleh ranjau antitank modern yang digunakan pasukan Ukraina selama Operasi Militer Khusus Rusia di Ukraina.

Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan 15M107 Listva untuk menetralkan ranjau modern yang dilengkapi dengan elektronik semikonduktor.

Proyek ini digarap oleh Research Institute of Measuring Instruments-Komintern Novosibirsk Plant Research & Production Association, berkolaborasi bersama Kaskad Instrument Plant di bawah Ruselectronics.

Peningkatan ini diharapkan dapat meningkatkan densitas fluks daya sinyal yang dipancarkan menjadi sekitar 10 W/cm2 pada jarak 50–80 m.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan efektivitas dalam merusak ranjau dan Bahan Peledak Improvisasi (IED) modern yang mengandung komponen elektronik semikonduktor.

Para ahli dari Ruselectronics yang mengawasi peningkatan dan integrasi senjata microwave juga mempertimbangkan pergeseran ke mekanisme penggerak langsung untuk sistem pendukung rotasi unit microwave.

Perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan akurasi posisi antena pemancar berdasarkan pengukuran azimuth.

Selain itu, Ruselectronics berencana untuk meningkatkan stasiun jamming dengan unit yang lebih maju dan berkapasitas lebih tinggi yang mampu beroperasi dalam bandwidth hingga 6.000 MHz.

Kendaraan pembersih ranjau yang dikendalikan dari jarak jauh 15M107 Listva diatur untuk menerima sistem pengawasan video otomatis.

Sistem 15M107 Listva menggunakan modul pencarian bentang lebar induksi untuk mendeteksi keberadaan ranjau dan IED yang dioperasikan secara manual dan otomatis.

Radiasi elektromagnetik digunakan untuk melumpuhkan alat peledak dan ranjau yang mengandung komponen elektronik.

Awak kendaraan, termasuk sappers, memutuskan apakah akan menjinakkan bahan peledak atau memulai ledakan terkendali jika ranjau bertekanan terdeteksi.

Untuk mencegah ledakan ranjau elektronik atau ranjau yang dikendalikan dari jarak jauh oleh lawan, peralatan jamming elektronik portabel dan stasioner dengan radius 70 m digunakan.

Sistem 15M107 Listva menampilkan perangkat yang dapat mendeteksi bahan peledak yang mengandung logam saat bergerak dengan kecepatan 15 km/jam dalam jarak 100 m.

Diposisikan di bagian depan kendaraan adalah modul pencarian multi-zona bentang lebar yang dilengkapi dengan 16 sensor induksi, dilengkapi dengan peralatan kontrol situasional elektromagnetik.

Senjata gelombang mikro baru ini diharapkan efektif melawan ranjau yang mengandung elemen semikonduktor.

Ranjau elektronik menjadi tidak efektif melalui antena parabola yang terletak di bagian atas kendaraan, memancarkan sinyal gelombang mikro yang kuat ke seluruh sektor pengoperasian kendaraan.

Emisi gelombang mikro ini menjangkau lebar pembersihan ranjau 50 m, secara efektif menetralkan ranjau elektronik tanpa menyebabkan kerusakan.

Sistem 15M107 Listva juga memiliki kemampuan untuk melawan bahan peledak yang diledakkan dari jarak jauh, yang seringkali dipicu menggunakan telepon seluler.

Kendaraan dapat memancarkan impuls yang mereplikasi sinyal dari telepon seluler dan perangkat elektronik lainnya.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *