Jerman mengirimkan dua sistem rudal pertahanan udara IRIS-T SLS ke Ukraina

IRIS-T SLSIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah Jerman telah mengirimkan paket bantuan militer tambahan baru ke Ukraina, seperti diungkapkan pada 17 Agustus 2023.

Salah satu bantuan tersebut adalah dua sistem rudal pertahanan udara IRIS-T SLS. Ini adalah bantuan IRIS-T SLS untuk pertama kalinya.

Sebelumnya Jerman memang pernah menyumbangkan dua versi IRIS-T SLM, tetapi bukan varian IRIS-T SLS.

Mengenai IRIS-T SLS atau Infra Red Imaging System-Tail Surface Launched ShortRange adalah sistem rudal pertahanan udara berbasis darat.

Sistem ini dirancang untuk melindungi pasukan dan aset penting dari ancaman udara seperti pesawat terbang, helikopter, dan drone yang terbang rendah.

IRIS-T SLS menggunakan basis rudal udara ke udara IRIS-T yang telah diadaptasi untuk peluncuran darat.

Dengan pencari infra merah yang canggih dan kemampuan manuver yang tinggi, rudal IRIS-T dapat menyerang target pada jarak pendek dengan presisi tinggi.

Untuk spesifikasinya, rudal memiliki berat 187,4 kg dan.panjang 2,94 m. Mampu mencapai kecepatan hingga 3 Mach dengan jangkauan hingga 12 km.

Rudal itu dilengkapi dengan hulu ledak fragmentasi eksplosif tinggi dan menggunakan sistem pemandu infra merah.

Sistem ini dilengkapi dengan radar pencarian dan penargetan, termasuk Hensoldt TRML_4D, radar Ground Master 200 MM/C, radar Hensoldt TRML-3D, radar Hensoldt Twinvis, serta kendaraan pos & komando.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *