Sistem pertahanan udara Pantsir Rusia dengan rudal hipersonik baru hancurkan 4 rudal SCALP EG Ukraina

Pantsir-S1_TASS
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia pada 15 Agustus 2023 mengumumkan bahwa pasukannya berhasil mencegat dan menghancuran empat rudal SCALP EG buatan Prancis yang digunakan pasukan Ukraina secara bersamaan.

Pencapaian ini diraih dengan menggunakan rudal hipersonik baru yang diintegrasikan ke dalam sistem rudal pertahanan udara Pantsir-S1.

Rudal hipersonik baru ini memiliki kecepatan dan manuver tinggi, seperti diungkapkan oleh perwakilan resmi JSC High-Precision Complexes di Forum Teknis-Militer Internasional Army-2023.

Namun, informasi terperinci tentang rudal hipersonik baru tersebut tak diungkapkan.

Keluarga pertahanan udara Pantsir dirancang oleh Biro Desain Instrumen Desain (KBP) Tula. Pantsir telah mengalami banyak versi dari waktu ke waktu, dengan varian upgrade terbaru yang dikenal sebagai Pantsir-SM-SV.

Sistem yang dinamai NATO sebagai SA-22 Greyhound ini dirancang untuk melindungi instalasi militer, lokasi industri, dan pasukan darat dari serangan udara yang dipandu dengan presisi di ketinggian rendah.

Sistem ini mencakup kendaraan tempur (hingga enam per baterai), 48 peluru kendali darat ke udara, meriam 30 mm, termasuk juga kendaraan pengangkut dan pemuat, serta fasilitas perawatan/pelatihan.

Sementara mengenai SCALP EG, adalah rudal jelajah jarak jauh buatan bersama Prancis-Inggris yang diluncurkan dari udara. Rudal ini dikembangkan sejak tahun 1994 oleh Matra dan British Aerospace (sekarang MBDA).

Prancis memberi nama SCALP-EG (Système de Croisière Autonome à Longue Portée – Emploi Général atau Long Range Autonomous Cruise Missile System – General Purpose), sementara Inggris menyebutnya sebagai Storm Shadow.

Untuk spesifikasinya SCALP-EG/Storm Shadow memiliki berat 1.300 kg, panjang 5,1 m, lebar 63 cm, tinggi 48 cm,rentang sayap saat terbuka 3 m, dan berhulu ledak 450 kg.

Rudal menggunakan mesin turbojet Microturbo TRI 60-30 berdaya 5.4 kN. Kecepatan laju maksimumnya 0,95 Mach dengan jangkauan operasi mencapai 550 km.

Diketahui, Prancis telah menyumbangkan 50 unit rudal SCALP-EGS ke Ukraina yang dapat diluncurkan dari pesawat pembom/serang Su-24 Angkatan Udara Ukraina.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *