Polandia memborong 400 unit kendaraan taktis ringan KLTV dari Korea Selatan

KLTVRBS/AR
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Nasional Polandia telah menandatangani kontrak untuk membeli kendaraan taktis (rantis ) ringan baru dari Negeri Ginseng, Korea Selatan.

Kendaraan baru itu adalah KIA Light Tactical Vehicle (KLTV) yang didapuk untuk menggantikan kendaraan Honker buatan lokal yang sudah ketinggalan zaman dan meningkatkan mobilitas Angkatan Darat Polandia.

Dalam sambutannya saat acara penandatanganan kontrak, Menteri Pertahanan Nasional Polandia Mariusz Blaszczak mengatakan, negaranya telah memborong hampir 400 kendaraan, yang akan diproduksi oleh pabrik Rosomak, seperti diwartakan Defence Blog (14/8).

Berdasarkan sejarahnya, perusahaan otomotif KIA mulai memperkenalkan kendaraan sekelas Humvee dari Amerika Serikat ini tahun 2013 dan memasuki layanan resmi untuk AD Korea Selatan (RoKA) pada 2016.

Untuk spesifikasinya, KLTV memiliki berat kotor 5.700 kg, panjang bodi 4,9 m, lebar 2,18 m, dan tinggi 1,98 m.

Versi standarnya dapat menampung empat prajurit dengan muatan kisaran 1.000 kg. Kendaraan dapat dipersenjatai senapan mesin di atas atapnya.

Sebagai penggeraknya, KLTV disokong oleh mesin diesel D6EB 3.0L berdaya 225 hp. Kecepatan maksimumnya 130 km/jam, dengan jangkauan operasionalnya sekitar 640 km.

-RBS-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *