10 jet F-16 TNI AU akan melintas di atas Istana Merdeka pada 17 Agustus 2023

F-16 Skadron Udara 3Dispenau
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebanyak 10 jet tempur F-16 TNI AU akan melintas (melaksanakan flypast) di atas Istana Merdeka, Jakarta pada peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023.

Kesepuluh pesawat F-16 Fighting Falcon tersebut berasal dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur. Seluruh pesawat telah tiba di Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Jumat (11/8).

Airbus_contoh2

Kedatangan sepuluh F-16 terbagi dalam tiga flight, yakni Garuda Fight, Eagle Flight, dan Dragon Flight, tulis Dispenau dalam siaran beritanya.

Garuda Flight terdiri dari dua pesawat yang diawaki oleh Danskadron Udara 3 Letkol Pnb Pandu “Hornet” Eka Prayoga dan Danskadron Udara 14 Mayor Pnb Anwar “Weasel” Sovie.

Sebelum mendarat di Lanud Halim, Garuda flight melaksanakan cek route yang akan dilintasi saat flypast nantinya.

Sementara Dragon flight terdiri dari empat pesawat dari Skadron Udara 3 dan Eagle flight terdiri dari empat pesawat dari Skadron Udara 14.

F-16-Skadron-Udara-14
Dispenau

Saat flypast nantinya, sepuluh F-16 akan terbagi dalam dua flight membentuk formasi Diamond dan Bomb Burst.

Tampak hadir menyambut kedatangan pesawat F-16 di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma sejumlah pejabat TNI AU, antara lain Pangkoopsudnas Marsdya TNI M.Tonny Harjono, Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto, Kaskoopsud I Marsma TNI Daan Sulfi, Asops Koopsudnas Marsma TNI Ian Fuady, dan Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Adrian P. Damanik.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *