Yunani menerima F-16V kesepuluh, hasil upgrade di dalam negeri

2 F-16V Angkatan Udara YunaniHAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Yunani (Hellenic Air Force/HAF) pada hari Rabu telah menerima pesawat F-16V (Block 70) hasil peningkatan kemampuan (upgrade) di dalam negeri.

Proses upgrade F-16C/D ke F-16V dilakukan oleh industri pesawat dalam negeri, Hellenic Aerospace Industry (HAI/EAV), dengan asistensi dari Lockheed Martin (LM).

Boeing_contoh2

HAF total akan menerima 84 pesawat tempur F-16 yang ditingkatkan ke F-16 Viper pada tahun 2027.

Perusahaan mengatakan, konfigurasi Viper memberikan kemampuan keamanan, jaringan, dan sensor yang baru dan ditingkatkan yang akan memungkinkan HAF untuk berhasil mengatasi ancaman yang muncul di wilayah tersebut dan mendukung misi sekutu di seluruh dunia.

Melalui program kerja sama industri yang berlangsung lebih dari dua dekade di bawah program F-16, LM dan HAI akan memberikan manfaat ekonomi baru lebih dari 1 miliar dolar AS kepada industri pertahanan Yunani.

Kerja sama F-16 Yunani dimulai pada November 1984, ketika Athena menyatakan minatnya untuk mengakuisisi 34 F-16C kursi tunggal dan enam F-16D kursi ganda untuk menggantikan F-5A/B Freedom Fighter yang sudah usang.

Pemerintah Yunani menandatangani kontrak pertama untuk program tersebut pada Januari 1987, dengan pengiriman pesawat pertama pada tahun 1989.

Sejak itu, HAF telah memperoleh total 170 F-16C/D dalam konfigurasi Block 30, 50 dan 52.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *