Militer Ukraina akan terima truk serbaguna FMTV buatan Oshkosh Defense dari AS

Truk FMTV dari Oshkosh DefenseOshkosh Defense
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) pada 31 Juli mengumumkan telah memberikan kontrak senilai 201 juta dolar AS kepada Oshkosh Defense untuk membuat Keluarga Kendaraan Taktis Menengah (FMTV).

Truk taktis ini akan diproduksi di Oshkosh, Wisconsin dengan jadwal penyelesaian proyek pada 31 Juli 2025.

Boeing_contoh2

Selanjutnya, truk-truk tersebut nantinya akan dikirimkan ke Ukraina untuk digunakan dalam pengangkutan logistik selama perang melawan Rusia.

Namun tak disebutkan berapa jumlah dan jenis FMTV yang akan dikirimkan ke Ukraina tersebut.

Mengenai FMTV, truk ini dikembangkan menggunakan basis Steyr 12M18 buatan Austria, tetapi dimodifikasi secara substansial untuk memenuhi persyaratan Angkatan Darat AS.

Sejak FMTV pertama diluncurkan pada Januari 1996, truk ini kemudian dikembangkan dalam berbagai varian, juga di-upgrade teknologi dan kemampuannya.

Di AS, FMTV awalnya diproduksi oleh Stewart & Stevenson pada kurun 1996–2006, kemudian oleh Armor Holdings 2006–2007, dan selanjutnya oleh BAE Systems Platforms & Services. Sejak 2011 truk ini telah diproduksi oleh Oshkosh Corporation.

Keluarga FMTV ditenagai mesin diesel Caterpillar C7 kapasitas 7.200 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 275 hp.

Truk tersedia dalam penggerak 4X4 dan 6X6, yang dapat diandalkan beroperasi di segala medan yang keras sekalipun.

Keluarga FMTV mendapatkan kabin anti peluru kaliber kecil dan tahan terhadap serpihan munisi artileri, untuk meningkatkan perlindungan awaknya selama di medan perang.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *