Prajurit Infanteri Inggris berlatih menggunakan sepeda listrik dan membawa Carl-Gustaf Mk4 untuk berburu tank

Sepeda listrik AD Inggris pemburu tankUK MoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Bersenjata Inggris memamerkan kombinasi mobilitas dan daya tembak selama demonstrasi Proyek VIRTUO pada 13 Juli 2023. Pasukan infanteri Inggris yang dilengkapi dengan senjata antitank Carl-Gustaf Mk4, maju ke medan tempur dengan menggunakan sepeda listrik Stealth H-52,

Demonstrasi tersebut menawarkan gambaran sekilas tentang masa depan Angkatan Bersenjata Inggris, dengan pasukan yang menggunakan senjata serbaguna Carl-Gustaf Mk4 sambil melakukan manuver senyap di medan perang dengan sepeda listrik Stealth H-52.

Dalam peperangan modern, penggunaan sepeda listrik, seperti Stealth H-52 tersebut, menawarkan bermacam-macam keuntungan taktis bagi prajurit infanteri.

Pertama adalah peningkatan mobilitas, sepeda listrik dapat melintasi beragam medan dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan prajurit pejalan kaki.

Lalu, pengoperasian sepeda listrik yang senyap merupakan keuntungan penting, yang memungkinkan tentara untuk mendekati atau mundur dari daerah konflik dengan jejak akustik yang minimal.

Operasi dengan kebisingan rendah ini dapat menjadi faktor penting dalam operasi rahasia di mana menjaga unsur kejutan atau menghindari deteksi sangat penting.

Selanjutnya, sepeda listrik juga mengurangi ketegangan fisik pada tentara, menghemat energi mereka untuk berperang. Mereka mengurangi beban membawa alat berat jarak jauh.

Sebagai catatan, pemakaian sepeda listrik di medan perang modern, telah digunakan oleh prajurit Ukraina dalam perang Rusia-Ukraina.

Mereka dilengkapi dengan Eleek Atom ‘Military Stealth Bike’ buatan Ukraina dengan membawa rudal antitank NLAW untuk memburu tank Rusia.

Sementara mengenai Carl-Gustaf Mk4 adalah senapan recoilless bahu portabel yang diproduksi oleh Saab Bofors Dynamics (sebelumnya Carl Gustafs Stads Gevärsfaktori). Varian Mk4 sendiri mulai diperkenalkan pada 2014.

Untuk spesifikasinya, Carl-Gustaf Mk4 memiliki berat 6,6 kg, panjang 95 cm. Munisinya 84 Ă— 245 mm R RCL dengan kaliber 84 mm.

Jarak tembak efektifnya antara 400 hingga 500 m untuk melawan tank dan kendaraan tempur lainnya baik dalam keadaan bergerak maupun diam.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *