Versi penyempurnaan helikopter serang Ka-52M Rusia muncul di saluran Telegram

Ka-52MFighterBomber Telegram
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Versi penyempurnaan dari helikopter serang Ka-52, yakni Ka-52M, tampaknya telah dioperasikan oleh Rusia di medan perang Ukraina.

Hal ini teridentifikasi dari foto-foto yang diunggah oleh saluran Telegram Fighterbomber. Helikopter terlihat memiliki cat baru. Tampaknya helikopter tersebut baru dikirimkan.

Boeing_contoh2

Laporan media tentang penggunaan Ka-52M di Ukraina sebelumnya muncul, tetapi tidak didukung oleh foto-foto yang relevan, tulis The War Zone. Misalnya, pada September 2022, TASS melaporkan bahwa Ka-52M telah sukses menjalani uji operasi di Ukraina.

Ka-52M pertama diperlihatkan kepada publik dalam Pameran Penerbangan dan Luar Angkasa Internasional (MAKS) 2021 dan di pameran Army-2021.

Menilik foto-foto yang beredar, helikopter Ka-52M memiliki menara penargetan elektro-optik GOES-451M yang dimodernisasi, perangkat komunikasi BKS-50M (Bortovoi Kompleks Svyazi) yang diperbarui, serta sistem manajemen penyimpanan SUO-806PM (Sistema Upravleniya Oruzhiyem), yang mampu menggunakan senjata baru.

Turet memiliki kamera pencitraan termal, kamera TV, pengintai / penanda laser, keluaran sinar laser untuk rudal anti-tank, serta pelacak titik laser.

Penambahan paling signifikan untuk persenjataan helikopter adalah pengenalan peluru kendali LMUR dengan jangkauan hingga sembilan mil.

Baling-baling Ka-52M memiliki elemen pemanas yang lebih kuat, yang memungkinkan helikopter beroperasi dalam rentang suhu yang lebih luas, termasuk di Kutub Utara, fokus khusus dari strategi militer Rusia baru-baru ini.

Roda pendarat memiliki roda dengan peningkatan kapasitas beban dan ketahanan aus dan helikopter juga memiliki lampu LED eksternal. Kokpit kru telah meningkatkan ergonomi dan juga beradaptasi lebih baik untuk terbang dengan kacamata penglihatan malam (NVG).

Dalam hal spesifikasi, Ka-52M (dikenal di pabrik sebagai izdeliye 800.50) memiliki berat lepas landas maksimum sekitar 27.000 pound, kecepatan maksimum 186 mil per jam, ketinggian 18.045 kaki, dan jangkauan 286 mil.

Kontrak untuk batch pertama 30 Ka-52M untuk Angkatan Udara Rusia ditandatangani pada 24 Agustus 2021. Sebanyak 15 helikopter akan dikirim pada 2022 dan 15 pada 2023.

Untuk radar, Ka-32M tampaknya menggunakan radar baru. Hal ini terlihat di bagian bawah radome di depan badan heli.

Sementara prototipe Ka-52M memiliki radar yang sama dengan Ka-52 biasa, yaitu FH01 Arbalet-52 yang diproduksi oleh Phazotron-NIIR dari Moskow.

Radar pada helikopter Ka-52M versi baru, kemungkinan besar adalah radar V006 Rezets dari perusahaan Zaslon di Saint Petersburg (perusahaan yang sama yang membuat radar V004 yang digunakan oleh pembom tempur Su-34 Fullback). Radar ini memiliki antena AESA tetap dengan 640 modul transceiver.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *