Vietnam akan terima korvet rudal kelas Khukri dari India

INS Kirpan P44Istimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebagai bagian dari peningkatan hubungan pertahanan antara India dan Vietnam, Menteri Pertahanan India telah mengonfirmasi bahwa pihaknya akan mentransfer salah satu korvet rudal kelas Khukri ke Vietnam.

Hal ini diumumkan dalam pertemuan bilateral antara Menteri Pertahanan India Rajnath Singh dan timpalannya dari Vietnam Jenderal Phan Van Gang di New Delhi pada 19 Juni 2023 lalu, lapor The Economic Times.

Airbus_contoh2

Dalam pertemuan tersebut dibahas penguatan hubungan pertahanan dan masalah keamanan regional termasuk sengketa maritim di Laut Cina Selatan, serta potensi kerjasama penelitian dan produksi industri pertahanan.

Mengenai Korvet yang akan disumbangkan diidentifikasi sebagai INS Kirpan (P44), dijadwalkan untuk dinonaktifkan dari Angkatan Laut India segera dari tiga kapal kelas yang tersisa.

Diketahui, INS Kirpan ditetapkan pada November 1985, diluncurkan pada Agustus 1988, dan ditugaskan bersama Angkatan Laut India pada Januari 1991.

Sementara kapal pertama dari kelas tersebut, INS Khukri (P49) telah dinonaktifkan pada tahun 2021 dan diubah menjadi museum.

Kapal eks INS Kirpan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan keseluruhan Angkatan Laut Rakyat Vietnam (VPN) dengan memiliki platform tambahan untuk melakukan peran pertahanan angkatan laut termasuk patroli dan perang angkatan laut.

Pengalihan itu juga menandakan bahwa dua kapal sekelas lainnya dapat dialihkan atau dijual ke Vietnam dalam waktu dekat.

Korvet kelas Khukri dirancang dan dibangun di India oleh Mazagon Dock Limited dan Garden Reach Shipbuilders and Engineers, dengan 65% konten lokal termasuk mesin diesel rancangan Prancis yang diproduksi di bawah lisensi di India.

Untuk dimensinya, kapal memiliki Panjang 91,1 m, memiliki lebar maksimum 10,5 m, dan berbobot sekitar 1.400 ton.

Ditenagai oleh dua mesin diesel yang memungkinkan kecepatan maksimum 24 knot dan jangkauan maksimum 4.000 mil laut dengan laju kecepatan jelajah 16 knot.

Sensor dan senjatanya sebagian besar berasal dari Rusia yang mencakup radar pencarian udara MR-352 Cross Dome, radar pencarian permukaan Garpun B, dan radar kontrol tembakan MR-123 Bass Tilt.

Korvet kelas Khukri ini dilengkapi dengan meriam AK-176 76 mm, dua sistem kanon jarak dekat AK-630 30 mm, empat peluncur rudal antikapal P-15 Termit, dan peluncur rudal antipesawat Strela-2.

Di bagian dek belakang kapal, tersedia helipad untuk menampung satu helikopter kelas ringan/medium.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *