Rusia hancurkan Tank Tempur Utama M-55S Ukraina untuk pertama kalinya

Tank M55S UkrainaUkraine Weapons Tracker
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pasukan Rusia dilaporkan berhasil menghancurkan untuk pertama kalinya Tank Tempur Utama (MBT) M-55S milik Ukraina selama pertempuran di dekat Kreminna, wilayah Luhansk Ukraina.

Berita ini dicuitkan oleh akun Twitter Ukraine Weapons Tracker pada 13 Juli 2023.

Boeing_contoh2

Disebutkan, pasukan Rusia menghancurkan tank M-55S ini menggunakan proyektil berpemandu Krasnopol 152 mm.

Krasnopol adalah sistem artileri berpemandu presisi yang dikembangkan oleh Rusia, yang mampu menyerang target jarak jauh secara akurat.

Mengenai M-55S adalah tank tempur utama yang dikembangkan pada 1990-an berdasarkan tank T-55 Uni Soviet yang dimodernisasi untuk meningkatkan kemampuan ofensif dan defensifnya.

Pasukan Ukraina mendapatkan M-55S ini atas sumbangan negara Slovenia. Diketahui Militer Slovenia memperoleh total 30 tank pada 1999, dan 28 di antaranya sekarang telah dikirim ke Ukraina.

Keluarga tank T-54/T-55 termasuk memiliki bobot yang tak terlalu berat dibandingkan MBT modern, yakni sekitar 36 ton saja.

Varian modernisasi ini dilengkapi dengan kanon Royal Ordnance L7 kaliber 105 mm baru dengan selongsong isolasi termal.

Selain itu, untuk meningkatkan perlindungan terhadap awaknya, M-55S mendapatkan lapis baja reaktif tambahan yang menutupi turret dan lambung.

Perangkat tambahan lainnya termasuk komputer balistik digital, stabilisasi senjata, pemandangan (sight) Fotona SGS-55 yang dilengkapi dengan pengintai laser, dan pemandangan komandan Fotona COMTOS-55.

Tank juga mendapatkan mesin baru yang lebih bertenaga, trek karet-logam baru, serta detektor radiasi laser LIRD-1A terhubung ke peluncur granat asap IS-6.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *