Tentara Ukraina gunakan turret 2M-3 kapal untuk persenjatai truk

Gun TruckIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Beredar luas foto tentara Ukraina menggunakan “Gun Truck” bersenjatakan turret untuk kapal perang 2M-3 buatan era Uni Soviet.

Truk yang dipasangi turret berkanon ganda kaliber 25 mm tersebut adalah Kamaz 6×6 yang aslinya buatan Rusia.

Senjata ini bisa digunakan tembakan langsung kesasaran darat ataupun digunakan untuk membabat drone serang dan drone kamikaze.

Perang di Ukraina memang telah memberikan kesempatan yang tak terhitung jumlahnya untuk melakukan modifikasi lapangan yang diimprovisasi, dengan pemasangan senjata tak terduga di kedua belah pihak.

Mengenai turret 2M-3, dikembangkan antara tahun 1945 dan 1949 untuk mempersenjatai berbagai kapal tempur terutama yang berukuran kecil.

Turret yang dipasangi dua kanon otomatis 110-PM kaliber 25 mm ini tidak digunakan pada pesawat atau aplikasi berbasis darat. Khusus dikembangkan untuk keperluan Angkatan Laut.

Desainnya didasarkan pada meriam otomatis 25 mm KM-84 sebelumnya. Kubah menggunakan model dudukan atap terbuka berbobot 1.500 kg.

Operator tunggal duduk di sebelah kiri tunggangan, kedua senjata baris secara vertikal di tengah dan amunisi disimpan di sebelah kanan.

Senjata memiliki pendingin udara tetapi biasanya didinginkan menggunakan selang air selama tembakan berkelanjutan.

Kisaran tembakan efektif rata-rata 2.500 m datar dan 1.700 m dalam peran antipesawat, antihelikopter, atau antidrone.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *