Belajar dari perang di Ukraina, Kalashnikov kembangkan lapisan baja ‘siluman’ untuk tank

T-90M ProryvTASS/Anton Novoderezhkin
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Anak perusahaan Kalashnikov dari Rusia telah mengembangkan lapisan baja yang dapat mengurangi visibilitas tank ke pencitra termal dan radar.

Bahan pelindung khusus bernama “Cape” (atau Nakidka dalam Bahasa Rusia) diproduksi oleh JSC Research Institute of Steel (NII Stali).

“Bahan tersebut mengurangi visibilitas tank dan peralatan militer lainnya dalam berbagai panjang gelombang, mulai tiba di alamat pelanggan untuk digunakan dalam kondisi pertempuran,” kata Kalashnikov dalam rilisnya.

Secara khusus, sejumlah perusahaan teknik dalam negeri telah menerima sampel pertama Cape dari NII Stali untuk melengkapi tank dengan lapisan baja ini.

Pertempuran di Ukraina telah menunjukkan bahwa kendaraan lapis baja dilumpuhkan tidak hanya oleh senjata antitank, tetapi juga akibat dari tembakan artileri atau serangan roket dari jarak jauh.

Dalam hal ini, penembakan dilakukan setelah musuh mendeteksi peralatan menggunakan satelit atau peralatan pengintaian penerbangan.

Penentangan yang jelas terhadap hal ini adalah kamuflase peralatan, dan Research Institute of Steel menawarkan di sini berbagai cara untuk mengurangi jarak pandang.

Cape melindungi tank dari deteksi oleh radar dan perangkat pengintaian pencitraan termal. Pewarnaannya yang berubah bentuk juga menyediakan penyamaran optik.

Saat ini Cape menjadi elemen tak terpisahkan dari perolehan kendaraan lapis baja Rusia yang dikirim ke zona pertempuran.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *