TUSAS boyong tiga helikopter barunya di Paris Air Show 2023

T929 ATAK 2AFP

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan kedirgantaraan Turkiye (TUSAS) memboyong tiga produk helikopter barunya ke pameran kedirgantaraan internasional bergengsi Paris Air Show 2023 Prancis.

Produk pertama adalah helikopter serang kelas berat T929 ATAK 2 yang belum lama sukses melakukan penerbangan perdananya pada 28 April 2023 lalu.

ATAK 2 merupakan heli serang garis depan yang lebih perkasa dari T219 (lisensi berdasar Leonardo A129). Heli baru ini memiliki bobot 11 ton dan dapat membawa muatan hingga 1.500 kg.

Heli mengusung kanon kaliber 30 mm di bawah dagunya. Sementara di tiap sayap kecilnya disediakan tiga gantungan untuk tabung roket 70 mm berpengendali, rudal antitank, dan rudal antipesawat.

Heli berawak dua ini memiliki kecepatan maksimum 318 km/jam dengan ketinggian terbang hingga 6.000 m.

Produk kedua adalah helikopter angkut serbaguna medium berat kelas 10-11 ton dengan kode T925 hadir dalam bentuk mockup 1:1.

T925
Aviation Week

T925 menggunakan banyak komponen dari T929 ATAK 2 seperti mesin turboshaft TV3-117VMA, transmisi, dan baling-baling. Serta menggunakan avionik serupa dengan heli medium ringan T625 GOKBEY.

Model T925 yang dipamerkan di Paris Air Show 2023 adalah varian sipil untuk angkut penumpang yang menampilkan dua baris kursi kiri dan kanan.

Selain untuk kebutuhan sipil, T925 juga dikembangkan untuk transportasi militer, varian maritim untuk Angkatan Laut dan wahana pemadam kebakaran hutan dari udara.

Dengan muatan yang besar, untuk kebutuhan militer Turkiye, T925 dapat mengisi celah antara Sikorsky S-70 dengan CH-47 Chinook.

Produk ketiga adalah helikopter kargo tanpa awak Cargo UAV dengan Berat Lepas Landas Maksimum (MTOW) 275 kg dapat membawa muatan hingga 50 kg.

Cargo-UAV
AA

Ukurannya yang kecil memungkinkan untuk dikerahkan dan dioperasikan dengan cepat untuk berbagai peran termasuk misi kemanusiaan.

Sangat berguna dalam operasi lintas batas di mana reaksi cepat dalam logistik dapat memberikan keunggulan di zona berbahaya.

Selain logistik, desain modular Cargo UAV ini memungkinkannya untuk dibekali berbagai sensor seperti EO/IR dan bahkan persenjataan ringan untuk kebutuhan intai bersenjata.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *