Pembom B-52H USAF telah mendarat di Medan, pertama kali dalam sejarah

B-52H USAF mendarat di Bandara Kualanamu MedanPACAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.coom) – Menjelang pelaksanaan latihan bersama atau Join Exercise Interoperability Bomber Landing 2023 antara TNI AU dan United States Pacific Air Force (US PACAF), sejumlah personel serta perlengkapan USAF tiba di Bandara Kualanamu, Medan dengan menggunakan pesawat C-17 Globemaster III pada Sabtu (17/6).

Menyusul pada hari ini, pembom B-52H Stratofortress milik Angkatan Udara AS mendarat untuk pertama kalinya di Bandara Kualanamu.

Join Exercise Interoperability Bomber Landing 2023 direncanakan akan melibatkan pesawat tempur F-16 TNI AU dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin dan pesawat pembom B-52H.

Latihan Bersama ini merupakan latihan bilateral pertama antara TNI AU dan US PACAF yang melibatkan pesawat pembom strategis, dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme personel kedua Angkatan Udara, sekaligus meningkatkan kerja sama antara kedua negara, tulis Dispenau dalam siaran tertulisnya.

Selain itu latihan bersama ini mengimplementasikan hubungan bilateral yang telah lama terjalin baik di antara angkatan bersenjata kedua negara, untuk bersama-sama menjaga stabilitas regional di kawasan Asia Pasifik.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *