AS kirim satu skadron F-22 ke Timur Tengah untuk mencegah ‘ulah’ pilot Rusia yang tidak aman

F-22Lockheed Martin
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Amerika Serikat (AS) telah mengirimkan jet tempur siluman F-22 Raptor untuk mencegah ‘ulah’ pilot Rusia yang tidak aman menimbulkan masalah di Timur Tengah

Satu skuadron jet F-22 dipindahkan awal pekan ini dari lokasi yang ditempatkan di garis depan di Eropa ke wilayah tanggung jawab Komando Pusat AS (CENTCOM) – sebidang wilayah yang mencakup lebih dari 4 juta mil melintasi Afrika Utara, Timur Tengah, dan Tengah. dan Asia Selatan.

CENTCOM mengatakan pada hari Rabu, pengerahan armada Raptor dimaksudkan untuk menunjukkan dukungan dan kemampuan AS setelah perilaku yang semakin tidak aman dan tidak profesional dilakukan oleh pesawat Rusia di wilayah tersebut.

Dalam beberapa bulan terakhir, para pejabat AS telah memperhatikan beberapa contoh di mana pesawat Rusia tampaknya telah melakukan manuver agresif di sekitar aset dan kepentingan Amerika di Timur Tengah.

Hal itu termasuk penerbangan agresif di dekat pesawat AS oleh pilot Rusia, seperti dijelaskan oleh seorang jenderal.

“Sejak awal Maret, pilot Rusia telah terbang secara tidak profesional di wilayah udara kami di atas Suriah,” kata Letnan Jenderal Alexus Grynkewich, komandan Pusat Angkatan Udara (AFCENT), dalam pernyataan tertulis, dikutip Business Insider.

“Mereka telah melakukan ini secara episodik sejak 2019 dan mereka merusak upaya kami untuk menolak mematuhi protokol yang telah kami tetapkan,” lanjutnya.

Dijelaskan, pilot Rusia bermanuver secara agresif sebagai lawan dari aturan yang telah AS tetapkan untuk menjaga jarak tertentu.

“Mereka bermanuver secara agresif dengan membawa senjata di atas kapal dan dalam konteks peristiwa global yang meningkat dan sama sekali tidak profesional,” kata Grynkewich.

Senada dengan Grynkewich, Komandan CENTCOM Jenderal Michael Kurilla dalam sebuah pernyataan mengatakan, tindakan perilaku tidak aman bukanlah hal yang diharapkan dari angkatan udara profesional.

“Perilaku tidak aman dan tidak profesional pasukan Rusia, lanjutnya, bukanlah hal yang diharapkan dari angkatan udara profesional. Pelanggaran reguler mereka terhadap tindakan dekonflik telah meningkatkan risiko eskalasi atau kesalahan perhitungan,” ujarnya.

F-22 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005. Pesawat siluman ini dikembangkan untuk melawan ancaman yang ditimbulkan oleh Soviet dan Cina yang sedang naik daun.

F-22 merupakan pesawat tempur generasi kelima pertama dan telah lama dianggap sebagai pesawat tempur superioritas udara AS. Pesawat ini dapat menyerang target darat dari ketinggian dengan kecepatan jelajah.

Penyebaran terbaru ke wilayah tanggung jawab CENTCOM bukanlah yang pertama untuk pesawat tempur, temasuk F-22. Pesawat ini sudah memiliki pengalaman operasional di Timur Tengah, yang secara khusus menargetkan aset ISIS di Suriah.

AS telah menyetop pembelian F-22 dan sedang mengembangkan proyek jet tempur generasi keenam yang dikenal sebagai platform Next Generation Air Dominance (NGAD).

-KMZ-

One Reply to “AS kirim satu skadron F-22 ke Timur Tengah untuk mencegah ‘ulah’ pilot Rusia yang tidak aman”

  1. Aneh Amerika, mereka bikin sendiri aturan di atas wilayah yg bukan punya dia, tapi bingung cara menegakkan aturannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *