Angkatan Udara AS selesaikan uji pengarah sistem senjata energi laser baru

Laser Beam Director_1AFRL
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Laboratorium Penelitian Angkatan Udara AS (AFRL) telah menyelesaikan uji terbang untuk konsep pengarah sinar (beam director) baru yang dapat digunakan dengan sistem energi laser terarah yang terintegrasi ke dalam pesawat terbang.

Tim Desain Pengurangan Efek Aero Hibrid dengan Komponen Optik Realistis (Hybrid Aero-Effect Reducing Design with Realistic Optical Components/HARDROC) bersama dengan kontraktor utama MZA Associates, mengembangkan dan menguji tenaga rendah dan sub-skala beam director.

Boeing_contoh2

Pengujian tersebut untuk mengevaluasi kemampuan berbagai teknik kontrol aliran aerodinamis untuk mengurangi distorsi optik dan mekanis yang diberikan pada sinar laser meninggalkan platform udara yang bergerak dengan kecepatan tinggi, kata tim dalam pernyataannya.

“Dengan menggunakan teknik simulasi dinamika fluida komputasi, atau CFD, yang canggih, kami dapat menunjukkan pengurangan yang signifikan dalam efek aero di berbagai kecepatan dan sudut pandang,” kata Dr. Scott Sherer, Pemimpin CFD untuk program HARDROC.

Manager Program Pengarah Sinar HARDROC Rudy Johnson mengatakan, sistem ini merupakan lompatan maju dalam teknologi untuk meminimalkan degradasi aerodinamis.

“Serangkaian uji terbang ini menunjukkan keefektifan flow control untuk mengurangi efek aerodinamis pada beam director,” ujarnya.

Kontrol aliran di jantung HARDROC telah dikembangkan selama beberapa tahun oleh para peneliti di AFRL. Tim Direktorat Sistem Dirgantara bekerja erat dengan rekan-rekan mereka di Direktorat Energi Terarah dan bersandar pada upaya sebelumnya dalam pengembangan pengarah sinar untuk memajukan teknologi yang digunakan dalam Program HARDROC.

Desain yang dihasilkan diuji di ruang lingkungan serta terowongan angin untuk memastikan fungsionalitas dan kinerja di bawah beban sebelum berpuncak pada pengujian penerbangan pada jet bisnis selama musim panas dan musim gugur 2022.

Selama uji penerbangan, pesawat melaju dengan kecepatan tinggi dan berbagai sensor digunakan untuk mengukur gangguan aerodinamis. Data menunjukkan bahwa beam director HARDROC memperbesar selubung di mana sistem energi terarah udara dapat beroperasi, menyediakan bidang pandang 360 derajat di seluruh rezim kecepatan yang diperluas dengan pengurangan ukuran, bobot, dan daya.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *