Mengenang A-10 FireFighting, proyek yang tak pernah terwujud

A-10 FireFightingUSAFAC
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – A-10 Warthog atau Thunderbolt ll adalah pesawat Angkatan Udara AS (USAF) pertama yang dirancang khusus untuk dukungan udara jarak dekat terhadap pasukan darat.

Ini merupakan pesawat jet bermesin ganda yang sederhana, efektif, dan sangat bandel yang diproduksi oleh Fairchild.

Boeing_contoh2

Pada tahun 2014, ketika USAF mengumumkan bahwa mereka ingin memensiunkan A-10, sebuah perusahaan mengusulkan untuk mengubahnya menjadi pesawat pemadam kebakaran.

Pada 10 September tahun itu, sebuah kelompok yang menamakan dirinya USA Firefighting Air Corps (USAFAC) membuat presentasi kepada Komite Peninjau Wildfire Matters legislatif Colorado, seperti diceritakan oleh situs The Avition Geek Club.

USAFAC mengusulkan agar organisasi pemadam kebakaran negara memperoleh surplus militer A-10 dan kemudian melalui kemitraan publik-swasta, mengubah dan mengoperasikan pesawat ini sebagai pemadam kebakaran dari udara.

Orang-orang yang menjadi bagian dari USAFAC di antaranya adalah Chris Olson, Gerry Fitzgerald, dan John Simmons. Simmons.

Seperti dilansir AirMed&Rescue, sang pendiri organisasi Chris Olson mengatakan bahwa A-10 versi pemadam dari udara ini akan memberikan ‘dukungan udara jarak dekat’ yang sangat dibutuhkan oleh petugas pemadam kebakaran darat.

Menurut Olson, pesawat A-10 yang dikonversi akan memiliki kemampuan manuver, kecepatan, kapasitas serangan (pemadaman) awal, dan keselamatan pilot yang unggul.

Namun sayangnya, proyek konversi jet serang A-10 Warthog menjadi FireFighting dari udara ini tak pernah terlaksana. Tak ada pesawat yang dihibahkan untuk USAFAC satu unit pun.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *