Mengenal Tim Aerobatik Neptunus Kebanggaan TNI AL

Tim Aerobatik Neptunus TNI ALPuspenerbal

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Bila TNI Angkatan Udara (TNI AU) memiliki Tim Aerobatik kebanggaan JAT (Jupiter Aerobatic Team), maka Puspenerbal (Pusat Penerbangan Angkatan Laut) memiliki tim serupa yang dinamai Neptunus.

Tim ini dibentuk pada tahun 2016 dengan nama awal sebagai Bonanza Harmoni Fligth sebelum diganti menjadi Neptunus. Tim bermarkas di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya.

Tim Aerobatik Neptunus diperkuat menggunakan enam pesawat ringan Bonanza G-36 buatan Beechcraft, AS. Setiap pesawat diisi tiga kru, terdiri dari pilot, kopilot, dan flight engineer.

Dalam atraksinya, Tim Neptunus tidak seekstrem beberapa formasi yang dilakukan JAT yang menggunakan pesawat latih KAI KT-1 Woongbi, karena memang jenis pesawatnya berbeda karakteristik.

Namun atraksi Neptunus dengan Bonanza G-36-nya tak kalah seru dan menghibur penonton yang menyaksikannya.

Tim Aerobatik Neptunus sendiri telah beberapa kali tampil, di antaranya pada HUT Penerbangan 2016, Naval Base Open Day 2017, dan turut memeriahkan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018.

Mengenai pesawat Bonanza G-36, Puspenerbal mengoperasikan delapan pesawat yang digunakan sebagai pesawat latih dan angkut, dimiliki sejak 2015.

Pesawat ditenagai sebuah mesin Continental IO-550-B berdaya 300 hp (220 kW). Dibekali baling-baling Hartzell berbilah tiga dengan diameter 2 m.

Pesawat memiliki performa dengan kecepatan jelajah 326 km/jam, ketinggian terbang hingga 5.600 m dan jangkauan operasi sejauh 1.326 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *