Jet Tempur KAAN akan mengudara setelah selesai menjalani uji taksi kecepatan tinggi

KAAN fighter jetDaily Sabah

AIRSPACE REVIEW (airspacer-review.com) – Jet Tempur KAAN buatan Turkiye akan mengudara setelah selesai menjalani uji taksi kecepatan tinggi. Saat ini pesawat tersebut baru menjalani uji taksi kecepatan rendah.

Gökhan Bayramoğlu, Pilot Uji Turkiye, mengatakan kepada Anadolu Agency (AA) bahwa uji mesin dan integrasi sistem pada KAAN sudah dilakukan. Hal ini akan membawanya selangkah lebih dekat ke penerbangan pertamanya.

“Kami melakukan tes taksi, dan setelah berhasil melewatinya, kami sekarang akan mengerjakan sistem kontrol dan membawanya ke posisi terbang,” ujarnya.

KAAN yang berarti Sang Penguasa, dilengkapi dengan fitur yang dapat mengurangi beban kerja pilot.

Pesawat generasi kelima ini dikembangkan oleh Turkish Aerospace (TA) untuk menggantikan peran armada F-16. Proyeknya dimulai pada 2016 dan pesawat diluncurkan pada Maret 2023.

Pesawat dengan panjang 21 m ini dirancang mampu mencapai kecepatan maksimum 1,8 Mach berkat mesin kembarnya, yang masing-masing dapat menghasilkan daya dorong 29.000 pound (13.000 kilogram).

Kemampuan KAAN mencakup kesadaran situasional yang tinggi, beban kerja pilot yang dioptimalkan, deteksi kerusakan akibat pertempuran, sistem misi generasi baru, kemampuan pengamatan yang rendah, serangan presisi, dan ruang senjata internal.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *