KRI Teluk Calang-524 dukung Operasi Trisila Koarmada RI selama 2 bulan

KRI Teluk Calang-524TNI AL
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-revie.com) – KRI Teluk Calang-524 (TCL-524) dari Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mendukung Operasi Trisila yang digelar Komando Armada RI selama dua bulan ke depan.

Operasi Trisila merupakan operasi TNI AL yang dilaksanakan oleh Koarmada RI bersama Korps Marinir. Tujuan dari operasi ini adalah untuk menunjukkan bahwa TNI AL memiliki Koarmada RI dengan operasi yang dilaksanakan menyeluruh di seluruh wilayah yuridiksi nasional.

KRI TCL-524 yang dipimpin oleh Letkol Laut (P) Bagus Waluyo akan berkeliling ke wilayah yuridiksi Indonesia sekaligus menguji kesiapsiagaan unsur-unsur di bawah pembinaan Koarmada RI.

Operasi Trisila juga didukung oleh dua Pesawat Udara TNI AL, satu Kompi Marinir dilengkapi 3 unit Tank BMP 3 F, dan 5 unit BTR 50 PM.

Keterlibatan unsur KRI Teluk Calang merupakan bentuk soliditas dan sinergitas antar Komando Utama (Kotama) TNI AL sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali.

Kapal ketujuh kelas KRI Bintuni

KRI Teluk Calang (524) merupakan Kapal Perang Republik Indonesia jenis Kapal Pendarat Tank (LST) atau Angkut Tank (AT).

Kapal ini mampu mengangkut 10 Tank Leopard 2, 15 BMP-3F dan kendaraan lainnya, dua helikopter, serta 470 personel termasuk kru dan pasukan.

KRI Teluk Calang adalah kapal ketujuh dari kelas Teluk Bintuni dan diproduksi oleh PT Daya Radar Utama di Lampung.

Nama Teluk Calang diambil dari nama teluk di Aceh.

Sistem propulsi kapal terdiri dari dua mesin diesel STX MAN 9L27/38, masing-masing dengan output 3.285 kW. Kecepatan tertinggi mencapai 16 knot.

Kapal dengan berbobot kosong 2.300 ton ini juga dilengkapi dengan 4 LCVP (Landing Craft, Vehicle, Personnel).

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *