Setelah Leo 1, Belanda dan Denmark akan mengirimkan tank Leopard 2 ke Ukraina

Leopard 2A4 - Rheinmetall_ airspace reviewMoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Belanda dan Denmark telah menandatangani “kerja sama donasi” untuk pengiriman Tank Tempur Utama (MBT) Leopard 2A4 ke Ukraina.

Kedua negara akan bekerja sama untuk mengirimkan total 14 tank Leopard 2. Tank diharapkan akan didapat dari pabrik pada kuartal pertama tahun 2024.

Pengiriman ini akan melengkapai 100 tank Leopard 1A5 yang lebih tua yang sedang diperbaiki Belanda dan Denmark untuk dikirimkan ke Ukraina bersama dengan Jerman.

“Ukraina meminta tank Barat modern untuk melawan agresi Rusia. Sejak awal invasi, Denmark telah mendukung perjuangan kemerdekaan Ukraina, dan kami akan terus melakukannya. Sangat penting untuk harapan Eropa yang damai dan aman bahwa kita tidak membiarkan Ukraina berperang sendirian,” kata penjabat Menteri Pertahanan Denmark Troels Lund Poulsen.

Dengan tank tempur utama Leopard 2A4, diharapkan Ukraina dapat memperoleh keunggulan di medan perang, kata Kementerian Pertahanan Belanda.

Ditambahkan bahwa biaya pembelian tank Leopard 2A4 senilai 165 juta euro akan ditanggung bersama oleh Belanda dan Denmark.

Belanda juga akan berkontribusi dalam pembelian bersama amunisi artileri 155 mm. Ini dilakukan dengan menyumbangkan 130 juta euro untuk inisiatif Badan Pertahanan Eropa (EDA).

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *