Rosoboronexport meluncurkan kendaraan MRAP Typhoon-K substitusi impor di pasar luar negeri

Typhoon-K MRAPRosoboronexport
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rosoboronexport (bagian dari Rostec State Corporation) telah mulai mempromosikan kendaraan tersubstitusi sepenuhnya yaitu Typhoon K-53949 Mine Resist Ambush Protected (MRAP) di pasar luar negeri.

Rosoboronexport mempersembahkan kepada mitranya sebuah kendaraan lapis baja dari keluarga Typhoon-K yang dirakit secara eksklusif dari komponen buatan Rusia, tulis perusahaan dalam siaran persnya hari ini.

Airbus_contoh2

Dikatakan, kendaraan ini telah terbukti sebagai pengangkut personel yang andal dan sangat terlindungi. Federasi Rusia telah memperkuat kinerjanya dalam kondisi operasi dan pertempuran yang sebenarnya.

“Selain itu, banyak mitra ROE mengoperasikan kendaraan lapis baja berdasarkan keluarga kendaraan ini dan memberi mereka umpan balik positif,” kata Direktur Jenderal Rosoboronexport Alexander Mikheev.

Ia menambahkan bahwa kendaraan MRAP ini sangat diminati oleh negara-negara Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin, Asia-Pasifik, dan bekas Uni Soviet.

“Kemandirian dari komponen asing dalam produksi Typhoon-K memberi kami dan mitra kami kepercayaan diri dalam purna jual yang tepat waktu dan lengkap layanan kendaraan yang disediakan, modernisasi, dan pengembangannya,” lanjut Mikheev.

Kendaraan Typhoon-K menampilkan keandalan yang tinggi, kemampuan manuver, kemampuan lintas negara, dan pendekatan inovatif untuk perlindungan, ergonomi, tata letak, dan peralatannya.

Mereka dapat mengarungi hingga 1,5 meter tanpa persiapan dan mendaki lereng 30 derajat. Dengan mesin diesel generasi baru 350hp, Typhoon K-53949 dapat mencapai kecepatan maksimum 100 km/jam.

Semua model keluarga Typhoon-K dilengkapi dengan sistem manajemen informasi onboard, sistem pemompaan ban sentral, ban antipeluru, sistem pengawasan video serba guna, sistem pemadam kebakaran otomatis, dan unit tenaga tambahan diesel (APU).

Selain itu, stasiun senjata yang dikendalikan dari jarak jauh dengan persenjataan yang distabilkan dapat dipasang di atasnya. Perangkat persenjataan bervariasi tergantung pada kebutuhan pelanggan.

Kendaraan 4X4 dilengkapi dengan pintu berengsel di bagian belakang untuk memungkinkan pasukan naik dan turun dengan cepat dan mudah.

Pengalaman luas dalam pengembangan dan pengoperasian kendaraan militer telah dilengkapi dengan pendekatan baru untuk desain dan teknologi perlindungan canggih terhadap ancaman paling berbahaya.

Kendaraan lapis baja Typhoon K-53949 dibedakan dengan perlindungan ranjau dan balistik yang ditingkatkan sesuai dengan STANAG 4569 Level 3 NATO dengan kemungkinan memperkuatnya ke Level 4.

Perlindungan tingkat tinggi diberikan oleh lapis baja komposit, termasuk lambung lapis baja dan pelat lapis baja tambahan dengan elemen keramik, serta desain lambung yang ramping dan pelat anti-ranjau yang dapat dilepas.

Kursi pasukan memiliki sistem pemasangan yang ditangguhkan ke atap, dilengkapi dengan elemen penyerap energi ledakan, sabuk pengaman, dan penahan kepala untuk memperbaiki kepala.

Selain itu, para perancang telah menyediakan kemungkinan untuk memasang perlindungan tambahan – pelapis spall internal, serta alas berengsel khusus untuk meningkatkan tingkat perlindungan terhadap peluncur granat antitank.

Kendaraan untuk berbagai keperluan sedang dikembangkan dari sasis Typhoon-K dengan memasang senjata, proses, insinyur, dan peralatan khusus lainnya.

“Rosoboronexport melihat minat yang besar dari pelanggan asing dan siap bekerja sama dalam format kemitraan industri dalam produksi berbagai versi kendaraan Typhoon-K, termasuk lokalisasi produksinya,” kata Alexander Mikheev.

Saat ini, lanjut dia, Rosoboronexport memiliki portofolio signifikan dari proyek yang telah selesai pada produksi berlisensi, kerja sama dalam usaha patungan, serta membangun infrastruktur untuk pemeliharaan dan modernisasi peralatan militer Rusia di wilayah mitra.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *