Pesawat COMAC ARJ21-700 TransNusa memulai penerbangan komersialnya

ARJ21-700 TransNusaTransNusa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat terbaru TransNusa buatan China, COMAC (Commercial Aircraft Manufacturing) ARJ21-700, memulai debut penerbangan komersialnya di dalam negeri pada 19 April 2023.

Sehari sebelumnya pesawat tersebut melakukan penerbangan inaugurasi dengan rute Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS).

Pesawat ARJ21-700 dengan registrasi PK-TJA ini merupakan pesawat pertama dari rencana 30 unit yang akan dioperasikan oleh TransNusa (PT TransNusa Aviation Mandiri) di Indonesia.

PK-TJA diterima pertama kali oleh TransNusa pada Desember 2022 lalu.

Sebelum mengoperasikan ARJ21-700 ini, TransNusa sudah mengoperasikan A320ceo dan A320neo

TransNusa dalam siaran tertulis kepada media mengatakan, pengoperasian COMAC ARJ21-700 merupakan salah satu langkah strategis TransNusa dalam menghadirkan peremajaan armada.

Pesawat ini sekaligus untuk mendukung ekspansi bisnis penerbangan berbiaya rendah (Low Cost Carrier/LCC).

Pesawat berlorong tunggal ARJ21-700 TransNusa didesain dengan konfigurasi kursi 3-2 dan berkapasitas 95 kursi. Pesawat menghadirkan interior modern serta futuristik.

TransNusa menawarkan jarak antar kursi yang luas demi kenyamatan penumpang.

Selain itu, pesawat ini juga menyediakan ruang penyimpanan bagasi (compartment) yang cukup luas sehingga memudahkan penumpang mengatur barang bawaan.

Pesawat ini ditenagai dengan dua mesin General Electric CF34-10A yang ditempatkan di bagian ekor pesawat.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *