Turkiye akan uji luncur rudal BVRAAM GOKHAN buatan lokal

GOKHANTubitak SAGE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dewan Penelitian Ilmiah dan Teknologi Turkiye (TUBİTAK SAGE) telah mengumumkan bahwa rudal udara ke udara GOKHAN (SkyKhan) akan segera diuji luncur menggunakan jet tempur F-16 Angkatan Udara Turkiye dalam waktu dekat.

Rudal dengan mesin ramjet ini dikembangkan di bawah proyek GÖKTUĞ, yang memiliki progres yang melebihi ekspektasi, lapor outlet berita Turkiye M5.

Manajer TUBİTAK SAGE Gürcan Okumuş menyatakan bahwa proyek GOKHAN saat ini dalam tahap sangat lanjut dan bahwa uji coba pertama akan dilakukan di darat sebelum beralih ke platform udara.

Gürcan Okumuş juga menambahkan bahwa proyek tersebut lebih cepat dari jadwalnya, menunjukkan efisiennya manajemen proses pengembangannya.

GOKHAN nantinya akan menjadi persenjatan jet tempur F-16 Fighting Falcon AU Turkiye dan jet tempur generasi kelima buatan dalam negeri TF-X yang sedang dikembangkan oleh TUSAS.

GOKHAN merupakan rudal udara ke udara atau antipesawat berkecepatan supersonik di luar jangkauan visual (BVRAAM) yang beroperasi secara efektif dalam rentang 60-100 km.

Rudal Turkiye akan bersaing dengan rudal sekelasnya seperti MBDA Meteor dari Eropa, Israeli Derby ER dan AIM-120 AMRAAM Amerika Serikat.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *