GlobalEye keempat dari Saab sukses melakukan penerbangan perdana

GlobalEye keempat dari SaabSaab
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Platform GlobalEye keempat dari Saab, Swedia berhasil melakukan penerbangan perdana. Pesawat Airborne Early Warning & Control (AEW&C) ini segera dikirimkan kepada pelanggan.

Pesawat tersebut terbang dari lapangan terbang Saab di Linköping, Swedia pada 03 April 2023 dan melakukan beberapa tes terkait kemampuan pesawat, kata perusahaan.

“Kami sangat puas dengan penerbangan pertama GlobalEye yang sukses ini. Hal ini menegaskan bahwa kami memiliki infrastruktur, kemampuan, dan keahlian yang diperlukan untuk mendukung pelanggan kami dengan solusi AEW&C tercanggih dalam kerangka waktu yang tak tertandingi di pasar,” ujar Carl-Johan Bergholm, Kepala Pengawasan Area bisnis Saab.

Ditambahkan, GlobalEye merupakan solusi AEW&C multidomain paling modern dengan rangkaian sensor aktif dan pasif yang memberikan deteksi dan identifikasi objek jarak jauh di udara, laut, dan darat.

Dengan memberikan informasi secara real-time kepada unit di angkatan udara, angkatan darat, dan angkatan laut, GlobalEye memungkinkan peningkatan kewaspadaan situasional di area sekitar dan deteksi dini ancaman.

Pesawat juga dapat digunakan untuk tugas-tugas non-militer seperti memimpin dan mengoordinasikan misi penyelamatan selama bencana alam atau kecelakaan yang lebih besar di laut atau di darat.

Saab memiliki basis pelanggan AEW&C terbesar di dunia. Perusahaan telah memberikan solusi selama 30 tahun terakhir di seluruh Amerika, Eropa, Timur Tengah, dan Asia untuk berbagai peran misi.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *