Lithuania, Latvia, dan Estonia memesan HIMARS kepada AS

M142 HIMARSUSMC
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tiga negara Baltik yaitu Lithuania, Latvia, dan Estonia mengembangkan kemampuan pertahanan bersama untuk menjamin keamanan di kawasan.

Ketiga negara secara bersama-sama memesan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) termasuk integrasi bersama kemampuan baru ke dalam rencana pertahanan dari ketiga negara.

Ketiganya juga sepakat memesan sistem pertahanan udara dan rudal terintegrasi serta mengembangkan kemampuan kesadaran situasi maritim.

Lithuania dan Estonia telah menandatangani perjanjian akuisisi HIMARS dengan Amerika Serikat pada akhir 2022 lalu, sementara Latvia berencana melakukan hal yang sama tahun ini.

Pengiriman pertama HIMARS ke negara-negara Baltik dijadwalkan dimulai tahun 2025.

M142 HIMARS adalah peluncur roket ganda ringan yang dikembangkan pada akhir 1990-an untuk Angkatan Darat AS. Sistem roket ini dipasang pada rangka truk Keluarga Kendaraan Taktis Menengah (FMTV) standar Angkatan Darat AS.

HIMARS membawa satu pod dengan enam roket GMLRS atau satu rudal ATACMS.

Pod amunisi HIMARS dapat dipertukarkan dengan M270 MLRS. Peluncur ini dapat diangkut menggunakan pesawat Lockheed C-130 Hercules dan Airbus A400M Atlas.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *