Gantikan F-15C/D, F-35A USAF tiba di Pangkalan Udara Kadena Jepang

F-35A tiba di Kadena AFBUSAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dengan ditariknya secara bertahap armada F-15C/D Eagle dari Pangkalan Udara Kadena, Jepang, Angkatan Udara AS (USAF) selanjutnya menempatkan jet siluman F-35A untuk mempertahankan kehadiran pesawat tempur AS secara berkelanjutan di sana.

Armada F-35 akan bekerja bersama-sama dengan unit tempur lainnya, dengan pasukan gabungan dan sekutu, untuk memperkuat kesiapan operasional dalam mempertahankan Jepang dan memastikan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka melalui kehadiran pesawat tempur yang dinamis.

Boeing_contoh2

“Ini adalah pengerahan pertama skuadron sejak mencapai kemampuan operasional penuh pada Februari 2023,” kata Letnan Kolonel Michael Mickus, Komandan Skadron Tempur ke-355.

Selama penyebaran, lanjut Mickus, Skadron F-35 akan mendukung Komandan Komponen Udara Angkatan Teater Gabungan dan Wing ke-18 sambil mempertahankan kesiapan tempur puncak.

Penerimaan pesawat yang lebih baru dan lebih canggih di Kadena AB, memastikan Wing ke-18 sebagai salah satu satuan andal untuk mengamankan pertahanan sekutu AS dan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Dalam beberapa minggu mendatang, pesawat tempur dan penerbang yang dikerahkan ke Kadena ini akan kembali lagi ke markas asalnya untuk digantikan satuan lain.

Pesawat F-35 dipilih sebagai pengganti F-15C/D yang telah ditarik oleh USAF. Namun, USAF sendiri belum menempatkan secara permanen F-35 di Kadena. Untuk sementara sifatnya adalah rotasi secara bergantian.

Peningkatan kemampuan di teater Indo-Pasifik menjadi prioritas AS. Peralihan ke pesawat yang lebih canggih di Kadena menunjukkan komitmen berkelanjutan Departemen Pertahanan AS untuk memperbaiki postur dan membangun fondasi aliansi yang kuat dengan Jepang.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *