Sensor MESA di pesawat E-7 untuk USAF mulai diproduksi oleh Northrop Grumman

E-7A Wedgetail RAAFAustralian MoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Northrop Grumman telah memulai produksi sensor MESA (Multi-role Electronically Scanned Array) di pesawat E-7 untuk Angkatan Udara AS (USAF). Sistem ini akan memberikan lebih banyak kemampuan pada E-7 yang akan menggantikan E-3 Sentry AWACS.

Perusahaan mengatakan, sistem MESA adalah radar canggih dan serbaguna yang menyediakan penginderaan, deteksi, dan identifikasi kritis jarak jauh di lingkungan yang menantang.

Perangkat ini akan memberi USAF kemampuan untuk melakukan berbagai jenis misi di lingkungan yang menantang melalui udara ke udara dan operasi udara ke darat.

E-7 adalah pesawat Boeing 737 yang dimodifikasi yang berfungsi sebagai platform komando dan kontrol udara untuk USAF. Pesawat ini memiliki sensor dan sistem komunikasi yang memungkinkannya beroperasi di berbagai lingkungan, mulai dari zona pertempuran hingga upaya bantuan bencana.

Northrop Grumman telah mengerjakan program MESA selama beberapa tahun. Sistem ini telah menjalani pengujian dan evaluasi ekstensif untuk memastikannya memenuhi persyaratan USAF.

Selain USAF, operator E-7 lainnya telah menggunakan pesawat ini termasuk Angkatan Udara Australia, Angkatan Udara Republik Korea, Angkatan Udara Turki, serta Angkatan Udara Kerajaan Inggris yang telah memesan pesawat ini.

Pada bulan Maret, Boeing mendapatkan kontrak senilai 1,2 miliar USD untuk menyediakan kegiatan pengembangan Rapid Prototype Program untuk armada pesawat E-7 USAF.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *