AS tawarkan heli AH-1Z ke Slowakia sebagai pengganti MiG-29 yang disumbangkan ke Ukraina

AH-1ZGerry Metzler/Wikipedia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Slowakia telah mengumumkan untuk mentransfer 13 MiG-29 miliknya ke Ukraina. Namun belum diketahui apakah bantuan tersebut murni gratis atau ada harga yang harus dibayarkan.

Sementara itu, Amerika Serikat menawarkan 12 helikopter serang Bell AH-1Z Viper ke Slowakia sebagai kompensasi pengganti MiG-29 yang diberikan ke Ukraina.

Tawaran dari AS tersebut tidak gratis. AS menawari Slovakia untuk membayar 340 juta USD bagi helikopter tersebut. Biaya ini merupakan bagian dari kesepakatan 1 miliar USD yang disetujui AS untuk menjual 500 rudal AGM-114 Hellfire dan pelatihan bagi kru helikopter.

Menteri Pertahanan Slowakia Jaroslav Nad mengatakan pada hari Rabu (22/3). Diterangkan bahwa Angkatan Bersenjata Slowakia saat ini tidak memiliki helikopter tempur.

Tawaran dan kesepakatan dengan AS dinilai secara signifikan akan meningkatkan kemampuan pertahanan Slovakia, ujar Nad.

Pada hari Jumat, pemerintah Slovakia menyetujui rencana untuk mentrasfer Ukraina dengan 13 jet tempur MiG-29 era Soviet. Slowakia menjadi negara anggota NATO kedua yang memenuhi permintaan Presiden Volodymyr Zelensky untuk mendapatkan pesawat tempur.

Slowakia sebelumnya menandatangani kesepakatan untuk membeli 14 jet tempur F-16 Block 70/72 dari AS.

Akan tetapi, pengiriman pesawat tersebut diundur dua tahun dari jadwal karena terjadi pandemi COVID 19.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *