Sejak Januari, Angkatan Udara AS tempatkan RQ-4 Global Hawk di Singapura

RQ-4B Global HawkUSAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sejak Januari 2023 Angkatan Udara AS (USAF) telah menempatkan armada drone RQ-4 Global Hawk di Singapura.

Penempatan ini merupakan penugasan yang bersifat rotasi yang dilakukan oleh USAF. Sementara bagi Singapura, ini adalah bagian dari Nota Kesepahaman 1990 Tentang Penggunaan Fasilitas Amerika Serikat di Singapura.

Boeing_contoh2

Pengerahan operasional RQ-4 Global Hawk merupakan yang pertama ke Singapura, walaupun drone jenis HALE (high altitude long endurance) sebelumnya telah dua kali mengunjungi Singapura pada ajang Singapore Airshow tahun 2018 dan 2022.

Kementerian Pertahanan Singapura kepada Defense News membenarkan keberadaan drone RQ-4 Global Gawk milik USAF yang sedang ditempatkan di Singapura saat ini.

Namun kemeterian tersebut tidak memberikan perincian lebih lanjut saat dikonfirmasi apakah pengerahan Global HAwk ditujukan untuk pengerahan ke Angkatan Udara Pasifik.

Drone Global Hawk mampu terbang lebih dari 34 jam. Drone buatan Northrop Grumman ini mampu melakukan pemantauan dan pengawasan sistematis menggunakan radar aperture sintetis (SAR) resolusi tinggi dan sensor elektro-optik/inframerah (EO/IR).

Cakupan pengawasannya seluas 40.000 mil persegi (100.000 km2) atau seluas negara Korea Selatan per hari.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *