Finlandia menyatakan siap untuk memasok jet tempur Hornet ke Ukraina

FA-18C Hornet FinlandiaFiAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah Finlandia siap untuk memasok jet tempur F/A-18C/D Hornet ke Ukraina. Hal ini dikatakan Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin saat mengunjungi Kyiv pada 10 Maret 2023.

Ditegaskan bahwa pasokan jet tempur ke Ukraina dapat didiskusikan di Finlandia.

Boeing_contoh2

Marin menerangkan bahwa Finlandia telah memutuskan untuk membeli pesawat tempur baru dan karenanya armada jet Hornet dapat ditransfer ke Ukraina.

“Saya pikir kita bisa mendiskusikan Hornet, apakah bisa dikirim ke Ukraina dan jenis pelatihan apa yang dibutuhkan untuk itu,” ujarnya seperti diberitakan Yle.

Menurut Marin, pembahasan mengenai masalah jet tempur Hornet ini masih sangat awal.

Surat kabar Helsingin Sanomat juga mengutip Sanna Marin yang mengatakan bahwa Finlandia memiliki alasan untuk berdiskusi tentang pengiriman jet tempur Hornet ke Ukraina.

Menurut publikasi terbuka, Finlandia memiliki 62 jet tempur F/A-18C/D Hornet yang akan dipensiunkan. Sebagai gantinya, Helsinki telah berencana membeli 64 jet tempur siluman F-35A.

Seperti diketahui, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah menyerukan negara sekutu untuk menyediakan pesawat modern. Selama pertemuan di Paris, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak mitra Barat untuk memasok Ukraina dengan jet tempur sesegera mungkin agar dapat menghalau serangan Rusia.

Namun Presiden AS Joe Biden, dalam wawancara dengan ABC News yang disiarkan pada 24 Februari mengatakan bahwa Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tidak membutuhkan pesawat tempur F-16 saat ini.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *