KF-21 Boramae berhasil melakukan penerbangan malam pertama kalinya, Indonesia akan memesan berapa unit?

KF-21 Terbang Malam Pertama _Yonhap_airspace reviewYonhap
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Jet tempur KF-21 Boramae telah berhasil melakukan penerbangan malam hari untuk pertama kalinya.

Administrasi Program Akuisisi Pertahanan Korea Selatan (DAPA) mengatakan, penerbangan malam hari tersebut dilaksanakan pada 9 Maret 2023, seperti diberitakan Yonhap.

DAPA menambahkan, seluruh sistem pesawat beroperasi normal. Pencahayaan internal dan eksternal pesawat berfungsi baik di tengah terbatasnya cahaya di luar.

Prototipe KF-21 versi kursi tunggal mengudara perdana pada Juli 2022. Sementara untuk prototipe kursi tandem mengudara pertama kali pada 20 Februari 2023.

Selama proses pengujian terbang ke depan, KF-21 akan mengumpulkan lebih dari 2.000 jam terbang hingga Februari 2026.

Hal ini guna memverifikasi kinerja penerbangan, memperluas jangkauan penerbangan, dan melakukan penilaian terhadap performa tempur sementara pada paruh kedua tahun ini, jelas DAPA.

Angkatan Udara Republik Korea (RoKAF) akan mendapatkan 120 unit KF-21, termasuk 80 unit tambahan pada tahun 2032.

Dua tahun sejak produksi massal yaitu pada 2028, RoKAF diharapkan akan mendapatkan 40 unit KF-21.

Proyek KF-21 Boramae dikerjakan oleh Korea Selatan melalui kemitraan dengan Indonsia. Di awal proyek ini, TNI AU disebutkan akan mengakuisisi 48 unit KF-21 yang dulunya bernama KF-X/IF-X tersebut.

Dalam perkembangannya kemudian, sempat beredar informasi bila pesanan KF-21 (IF-X) oleh Jakarta akan diturunkan dari 48 unit menjadi 16 unit atau untuk kebutuhan satu skadron saja.

Sejak saat itu belum ada perkembangan lagi berapa unit Indonesia berencana untuk membeli KF-21 Boramae guna melengkapi kekuatan TNI Angkatan Udara.

Seperti diketahui, saat ini Kementerian Pertahanan RI juga sedang mengejar target yang lain yang telah ditetapkan, yaitu pembelian 42 unit Rafale dari Prancis serta 36 F-15EX Eagle II dari Amerika Serikat.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *