Pakistan perkenalkan Haider MBT buatan lokal di IDEX 2023

Haider MBT
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Industri Pertahanan Pakistan memperkenalkan pertama kali ke hadapan publik internasional generasi baru Tank Tempur Utama (MBT) buatan lokal yang disebut Haider.

Tampil dalam model skala, Haider MBT mengisi Paviliun Pakistan selama IDEX 2023 pada 20-24 Februari di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Sebelumnya, Haider dipresentasikan untuk pertama kalinya selama pameran pertahanan IDEAS di Pakistan pada bulan November 2022.

Melansir Army Recognition (3/3), selama beberapa tahun Pakistan telah mengembangkan dan memproduksi MBT buatan lokal, termasuk Al Zarar dan Al Khalid. Keduanya menggunakan desain dan teknologi buatan China.

Termasuk pada Haider MBT, diyakini Pakistan mendapatkan bantuan dari China. Disebut-sebut tank ini menggunakan basis VT4 MBT buatan Norinco yang juga dikenal sebagai MBT-3000.

VT4 merupakan varian ekspor dari tank Tipe 99G, yang saat ini digunakan oleh Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA Army).

Angkatan Darat Pakistan sendiri akan mendapatkan 300 tank VT-4 pada tahun 2023 ini, plus opsi untuk 160 lagi sesuai dengan kesepakatan tahun 2017.

Haider MBT mengusung meriam 125 mm smoothbore, mampu menembakkan berbagai macam amunisi termasuk APFSDS (Armor-Piercing Fin-Stabilized Discarding Sabot), HE (High Explosive), HEAT (High Explosive Anti-Tank), serta meluncurkan rudal antitank.

Persenjataan kedua mencakup satu senapan mesin koaksial 7,62 mm dan stasiun senjata yang dioperasikan dari jarak jauh (RCWS) yang dipasang di bagian belakang palka komandan yang dipersenjatai dengan senapan mesin 12,7 mm.

Haider MBT dilengkapi dengan sistem pengendalian tembakan canggih yang mencakup berbagai sensor dan perangkat penargetan untuk meningkatkan akurasi dan daya mematikan tank di medan perang.

Sistem ini dirancang untuk memberi awak tank gambaran yang jelas tentang medan perang dan membantu mereka mengidentifikasi dan menyerang target dengan cepat dan efektif.

Meriam utama tank dilengkapi dengan pembidik pencitraan termal, yang memungkinkan penembak melihat tanda panas dari target pada jarak jauh, bahkan dalam kondisi cahaya redup.

Sistem pengendalian tembakan juga mencakup komputer balistik, yang menghitung solusi penembakan untuk senjata utama berdasarkan jarak, sudut, dan faktor target lainnya.

Secara keseluruhan, sistem pengendalian tembakan Haider MBT dirancang untuk memberi awak tank kesadaran situasional tingkat tinggi dan kemampuan penargetan, menjadikannya kendaraan tempur yang efektif dan mematikan di medan perang modern.

Untuk menambah tingkat proteksi, bagian depan lambung Haider MBT dilengkapi dengan paket ERA (Explosive Reactive Armor).

Sebagai penggeraknya, tank ditenagai oleh mesin diesel turbo berdaya 1.200 hp. Memiliki kecepatan maksimum 70 km/jam dengan jarak operasional hingga 500 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *